BEAUTY
Simpel dan Natural, Gaya Kecantikan ala Remaja Generasi Z
Mia Vale
Kamis 21 Desember 2023 / 08:00
Jakarta: Saat ini banyak remaja perempuan yang memerhatikan penampilan, entah itu fesyen atau kecantikan. Ya, generasi Z tumbuh dengan cepat. Kelompok yang merupakan penduduk melek teknologi ini memiliki kebiasaan berbelanja terlebih melalui dunia digital.
Pengaruh mereka terhadap industri kecantikan juga sangat signifikan. Dimulai dari pencarian produk yang mereka suka di media sosial, terlebih TikTok yang menjadikan para generasi Z sebagai konsumen kecantikan muda.
Generasi ini membeli produk yang didukung influencer karena fokus mereka pada keaslian. Gen Z telah berperan penting dalam memromosikan keberagaman dan inklusivitas dalam industri kecantikan. Mereka memperjuangkan warna kulit, tipe tubuh, dan ekspresi gender yang lebih luas.
Meskipun tren ini telah memengaruhi perkembangan produk kecantikan yang “bersih” dan meningkatkan transparansi mengenai formulasi produk, tren ini juga penuh dengan mitos dan setengah kebenaran.
Generasi muda ini selalu kepingin sesuatu yang simpel. Mereka juga lebih memahami setiap bahan baku pada skincare atau produk kecantikan yang mau dibeli. Mereka juga lebih mampu mengekspresikan diri.
Nah, berikut sejumlah gaya skincare dan produk kecantikan yang tampaknya semakin digemari Gen Z, antara lain:

(Gen Z lebih menyukai riasan simpel dengan warna-warna natural. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)
Berbagai produk perawatan bibir lainnya juga sangat diminati generasi muda seperti lip serum, lipstik hingga lip tint. Sedangkan pemilihan warna, Gen Z tetap menyukai warna-warna natural yang menampilkan rona bibir yang sehat dan alami.
Memang, banyak yang memandang kalau Gen Z ini generasi yang kurang memiliki effort lebih tapi ingin hasil sempurna. Namun, mempelajari perilaku mereka merupakan suatu tantangan. Jangan mengabaikannya atau menganggapnya remeh. Banyak dari mereka percaya bahwa mereka dapat mengubah dunia dan itu mungkin saja terjadi!
Cek Berita dan Artikel yang lain di
(yyy)
Pengaruh mereka terhadap industri kecantikan juga sangat signifikan. Dimulai dari pencarian produk yang mereka suka di media sosial, terlebih TikTok yang menjadikan para generasi Z sebagai konsumen kecantikan muda.
Generasi ini membeli produk yang didukung influencer karena fokus mereka pada keaslian. Gen Z telah berperan penting dalam memromosikan keberagaman dan inklusivitas dalam industri kecantikan. Mereka memperjuangkan warna kulit, tipe tubuh, dan ekspresi gender yang lebih luas.
Ketertarikan produk kecantikan Gen Z
Terdapat minat yang kuat di kalangan konsumen Gen Z terhadap produk kecantikan yang “bersih dan alami”. Mengutip laman In-Cosmetics, mereka cenderung mencari merek yang menggunakan sedikit atau tanpa bahan sintetis, mengutamakan bahan “alami” dan organik, serta bebas dari zat yang berpotensi membahayakan.Meskipun tren ini telah memengaruhi perkembangan produk kecantikan yang “bersih” dan meningkatkan transparansi mengenai formulasi produk, tren ini juga penuh dengan mitos dan setengah kebenaran.
Generasi muda ini selalu kepingin sesuatu yang simpel. Mereka juga lebih memahami setiap bahan baku pada skincare atau produk kecantikan yang mau dibeli. Mereka juga lebih mampu mengekspresikan diri.
Nah, berikut sejumlah gaya skincare dan produk kecantikan yang tampaknya semakin digemari Gen Z, antara lain:
Beauty influencer sebagai panutan
Umumnya Gen Z menjadikan influencer sebagai panutan dalam mencari inspirasi untuk merawat diri. Bagi mereka, influencer memainkan peran penting dalam memilih produk skincare atau kecantikan yang sesuai. Apalagi para influencer sering mereview produk kecantikan melalui sosmed yang membuat remaja Gen Z tidak bingung memilih produk yang mereka butuhkan.Riasan simpel
Dikenal sebagai generasi yang suka mengeksplorasi diri, Gen Z dinilai memiliki preferensi make up yang lebih simpel. Warna-warna yang dipilih sebagai riasan wajah juga lebih ke warna natural, pastel, dan merah muda. Benar-benar tidak ingin terlihat mencolok.
(Gen Z lebih menyukai riasan simpel dengan warna-warna natural. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)
Menyukai brand lokal
Saat ini banyak brand kosmetik dan skincare yang dijual di pasaran, mulai dari lokal sampai luar negeri. Namun ternyata, Gen Z lebih tertarik dengan brand lokal, loh! Selain karena kualitasnya yang enggak kalah keren dengan brand 'luar', umumnya brand lokal juga dibandrol dengan harga yang sesuai dengan isi dompet bagi remaja Gen Z.Lip gloss tetap andalan
Mengingat Gen Z menyukai riasan yang simpel, tidak heran bila mereka sangat menyukai lip gloss. Bagi mereka lip gloss bisa membuat penampilan riasan, utamanya bagian bibir lebih glossy dan terlihat lebih fresh.Berbagai produk perawatan bibir lainnya juga sangat diminati generasi muda seperti lip serum, lipstik hingga lip tint. Sedangkan pemilihan warna, Gen Z tetap menyukai warna-warna natural yang menampilkan rona bibir yang sehat dan alami.
Memang, banyak yang memandang kalau Gen Z ini generasi yang kurang memiliki effort lebih tapi ingin hasil sempurna. Namun, mempelajari perilaku mereka merupakan suatu tantangan. Jangan mengabaikannya atau menganggapnya remeh. Banyak dari mereka percaya bahwa mereka dapat mengubah dunia dan itu mungkin saja terjadi!
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(yyy)