BEAUTY
Wajah Cantik lagi Gede Ambek? Waktunya Manjain Kulit Pake Skin Minimalism Bestie
Mia Vale
Selasa 01 September 2026 / 16:01
- Pernah denger skinimalism belum? Tren ini tuh ngena banget buat kamu yang males ribet tapi pengin kulit tetep glow up.
- Intinya, kita cuma butuh produk seminim mungkin tapi performanya maksimal, daripada numpuk banyak skincare tapi bikin kulit stres.
- Selain hemat waktu dan ngurangin sampah, kulitmu juga jadi bisa "bernapas".
Jakarta: Pernah denger skinimalism belum? Tren ini tuh ngena banget buat kamu yang males ribet tapi pengin kulit tetep glow up.
Intinya, kita cuma butuh produk seminim mungkin tapi performanya maksimal, daripada numpuk banyak skincare tapi bikin kulit stres.
Selain hemat waktu dan ngurangin sampah, kulitmu juga jadi bisa "bernapas". Bukannya makin bagus, pakai skincare berlapis-lapis malah bisa ngerusak skin barrier dan bikin kulit gampang reaktif, lho!

(Menurut dr. Arini Astasari Widodo, SpKK, skin minimalism adalah pendekatan perawatan kulit yang menekankan penggunaan produk skincare secara minimal. Foto: Ilustrasi/Generate Ai)
Aturan jari: Cukup pakai produk sebanyak satu ruas jari buat area wajah, leher, dan dada. Biar gak kebanyakan dan pori-pori gak gampang nyumbat.
Aturan 60 detik: Pas cuci muka, pijat lembut wajah selama 60 detik pas. Kotoran dan minyak dijamin larut maksimal tanpa bikin kulit iritasi.
Layering skincare: Kalau mau pakai beberapa produk, urutin dari tekstur yang paling cair ke yang lebih kental, atau pakai serum sebelum pelembap. Jangan campur banyak bahan aktif sekaligus ya!
Gentle cleanser: Pilih yang busanya gak berlebihan dan bebas pewangi. Cuci muka pakai air hangat kuku aja.
Moisturizer: Cari yang aman buat ngejaga skin barrier.
Sunscreen (minimal SPF 30): Wajib banget dipake tiap pagi buat ngelindungin kulit.
Dan menurut dr. Dia Febrina, SpKK yang menitikberatkan penggunaan produk perawatan sesuai kebutuhan kulit, karena terlalu banyak produk skincare tidak selalu menguntungkan, terutama bagi jenis kulit sensitif yang cenderung mudah iritasi.
Udah gitu aja, Besti! Kalau mau ditambah serum kaya Vitamin C, Niacinamide, atau Retinol, cukup pilih salah satu aja sesuai kebutuhan kulitmu tanpa harus berlebihan.
Kuncinya cuma konsisten dan tahu apa yang bener-bener dibutuhin sama kulitmu!
(TIN)
Intinya, kita cuma butuh produk seminim mungkin tapi performanya maksimal, daripada numpuk banyak skincare tapi bikin kulit stres.
Selain hemat waktu dan ngurangin sampah, kulitmu juga jadi bisa "bernapas". Bukannya makin bagus, pakai skincare berlapis-lapis malah bisa ngerusak skin barrier dan bikin kulit gampang reaktif, lho!
Tips cantiknya

(Menurut dr. Arini Astasari Widodo, SpKK, skin minimalism adalah pendekatan perawatan kulit yang menekankan penggunaan produk skincare secara minimal. Foto: Ilustrasi/Generate Ai)
Aturan jari: Cukup pakai produk sebanyak satu ruas jari buat area wajah, leher, dan dada. Biar gak kebanyakan dan pori-pori gak gampang nyumbat.
Aturan 60 detik: Pas cuci muka, pijat lembut wajah selama 60 detik pas. Kotoran dan minyak dijamin larut maksimal tanpa bikin kulit iritasi.
Layering skincare: Kalau mau pakai beberapa produk, urutin dari tekstur yang paling cair ke yang lebih kental, atau pakai serum sebelum pelembap. Jangan campur banyak bahan aktif sekaligus ya!
3 produk basic skincare
Gentle cleanser: Pilih yang busanya gak berlebihan dan bebas pewangi. Cuci muka pakai air hangat kuku aja.
Moisturizer: Cari yang aman buat ngejaga skin barrier.
Sunscreen (minimal SPF 30): Wajib banget dipake tiap pagi buat ngelindungin kulit.
Dan menurut dr. Dia Febrina, SpKK yang menitikberatkan penggunaan produk perawatan sesuai kebutuhan kulit, karena terlalu banyak produk skincare tidak selalu menguntungkan, terutama bagi jenis kulit sensitif yang cenderung mudah iritasi.
Udah gitu aja, Besti! Kalau mau ditambah serum kaya Vitamin C, Niacinamide, atau Retinol, cukup pilih salah satu aja sesuai kebutuhan kulitmu tanpa harus berlebihan.
Kuncinya cuma konsisten dan tahu apa yang bener-bener dibutuhin sama kulitmu!
(TIN)