Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. Foto: Medcom.id/Desi Angriani.
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. Foto: Medcom.id/Desi Angriani.

Perpres Kartu Pra Kerja Terbit Akhir Tahun

Ekonomi kartu sakti jokowi
Desi Angriani • 12 November 2019 18:38
Jakarta: Pemerintah akan menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) Kartu Pra Kerja Desember nanti agar program pelatihan bagi para pengangguran dapat berjalan tahun depan. Perpres tersebut dinamai Komite Cipta Lapangan Kerja program pelatihan
 
"Kita siapkan. Bapak presiden memberikan arahan bahwa Perpres ini akan diberi judul kepada tim yang kita sebut sebagai komite cipta lapangan kerja," kata Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto di Istana Negara, Jalan Veteran, Jakarta, 12 November 2019.
 
Airlangga mengatakan Perpres dikebut agar dua juta Kartu Pra Kerja dapat didistribusikan pada Januari 2020. Sebanyak 1,5 juta peserta akan diterima melalui kanal digital dan 500 ribu peserta melalui kanal reguler.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ini semua. kartu pra kerja dan pelatihan. kartunya ada dua jenis, yang berbasis digital dan analog," tambah dia.
 
Ia menambahkan kartu pra kerja diberikan pada para penggangguran yang sedang mencari pekerjaan maupun korban Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).
 
Setiap peserta akan memperoleh insentif Rp300 ribu sampai Rp500 ribu per orang hingga mencapai Rp1,5 juta per jiwa. Dari jumlah itu, pemerintah menganggarkan Rp10 triliun dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2020.
 
"Nah ini semua kartu pra kerja dan pelatihan. Jadi kartunya ada dua jenis yang berbasis digital dan kartu analog," ungkap dia.
 
Untuk pelaksanaan program pelatihan, pemerintah akan menggandeng swasta dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Pasalnya, swasta memiliki tempat pelatihan yang lebih representatif dibandingkan Balai Latihan Kerja (BLK).
 
"Menggunakan lembaga-lembaga pelatihan baik itu yang dimiliki oleh kementerian, maupun yang dimiliki dunia swasta," pungkas dia.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif