Ilustrasi: Pembayaran digital digemari masyarakat Indonesia (Foto:Medcom.id)
Ilustrasi: Pembayaran digital digemari masyarakat Indonesia (Foto:Medcom.id)

4 Dompet Digital Favorit Masyarakat Indonesia

Ekonomi Ipsos Indonesia
Rosa Anggreati • 15 Januari 2020 18:32
Jakarta: Dengan alasan mudah, efisien, dan aman, masyarakat Indonesia kini banyak yang menggunakan dompet digital (e-wallet) dalam bertransaksi.
 
Uniknya, masyarakat kompak menggunakan empat dompet digital dalam transaksi sehari-hari. Melalui Studi The Next Cashless Society yang dirilis Ipsos Indonesia, terungkap keempat dompet digital favorit masyarakat tersebut meliputi OVO, GoPay, Dana, dan LinkAja.
 
Keempat dompet digital ini banyak digunakan sepanjang 2019, yakni sebanyak 95 persen dengan rata-rata transaksi Rp592 ribu. Biasanya masyarakat menggunakan dompet digital untuk membayar tagihan, online shopping, menonton bioskop, dan membeli makanan.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Studi tersebut juga menguak pola kebiasaan masyarakat dalam menggunakan kartu non tunai. Yang menjadi favorit digunakan bertransaksi yakni e-money, Flazz, Brizzi, dan TapCash.
 
Transaksi berbasis kartu ini digunakan oleh sekitar 56 persen konsumen dengan rata-rata menghabiskan Rp487 ribu untuk bayar tol dan transportasi.
 
Apa yang menyebabkan masyarakat konsisten melakukan pembayaran digital menggunakan satu brand?
 
"Karena mereka menikmati produk atau servis yang ditawarkan, unik dan merasa beda, sekadar mencoba-coba, atau bahkan pamer," kata Direktur Riset Ipsos Indonesia Benny Wuryanto, ditemui pada acara Ipsos Marketing Summit 2020: Indonesia The Next Cashless Society di Hotel Pullman Central Park, Jakarta Barat, Rabu, 15 Januari 2020.
 
Hasil studi tersebut memperlihatkan bahwa masyarakat Indonesia telah terbiasa menggunakan pembayaran non tunai. Hal itu dilatarbelakangi tiga hal, yaitu konsumen merasa aman menggunakan pembayaran non tunai (reassure), konsumen menikmati pengalaman pembayaran non tunai (encourage), dan mengikuti perkembangan zaman (inspire).
 

(ROS)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif