Ilustrasi (MI/Atet Dwi Permata)
Ilustrasi (MI/Atet Dwi Permata)

Stabilitas Dalam Negeri Buat Gerak Rupiah Tetap Positif

Ekonomi rupiah menguat kurs rupiah ekonomi indonesia
Suci Sedya Utami • 02 Desember 2016 14:57
medcom.id, Jakarta: Perekonomian Indonesia berada pada kondisi yang positif dan bisa dikatakan lebih baik dibandingkan dengan negara lain. Situasi dan kondisi semacam ini membuat gerak nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) mengalami penguatan.
 
Ekonom BCA David Samual mengatakan, meski saat ini tengah digelar aksi damai di jantung ibu kota, namun aksi damai itu tidak membuat kepercayaan pasar hilang. Bahkan, efek dari aksi damai itu yakni pergerakan nilai tukar rupiah positif.
 
Tentu kondisi itu berbeda dengan di negara lain. Thailand, misalnya, usai Raja Bhumibol Adulyadej meninggal dunia maka kondisi politik di negeri Gajah Putih itu justru memanas. Korea Selatan, contoh lain, ketika rakyat melakukan kudeta terhadap Presiden Park Geun-hye untuk mundur karena terlibat skandal korupsi, pun kondisi politik tersebut berlangsung lama.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Rupiah Pagi Bergerak Menguat di Rp13.524/USD
 
"Kita itu hanya satu hari palingan (aksi damai yang dilakukan). Coba lihat di Thailand, di Korea Selatan, mereka demo berhari-hari," kata David, kepada Metrotvnews.com, di Jakarta, Jumat (2/12/2016).
 
Stabilitas Dalam Negeri Buat Gerak Rupiah Tetap Positif
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Rosa Panggabean)
 
Pergerakan positif nilai tukar rupiah bisa dicermati saat pembukaan pasar pada perdagangan pagi tadi. Mengutip Bloomberg, Jumat 2 Desember, nilai tukar rupiah pada perdagangan pagi berada di posisi Rp13.524 per USD. Day range nilai tukar rupiah di kisaran Rp13.501 per USD sampai Rp13.539 per USD dengan year to date return di minus 1,62 persen.
 
Baca: Aksi Damai 2 Desember, Gerak Rupiah dan IHSG Positif
 
Sedangkan menurut Yahoo Finance, nilai tukar rupiah berada di posisi Rp13.507 per USD. Sementara itu, nilai tukar rupiah terhadap USD di sepanjang hari ini diperkirakan akan bergerak pada kisaran support Rp13.550 per USD, sedangkan resisten berada di posisi Rp13.480 per USD.
 

 

(ABD)
MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif