UMKM bubuk minuman kembangkan pasar online. Foto: dok pribadi.
UMKM bubuk minuman kembangkan pasar online. Foto: dok pribadi.

Kiprah UMKM Bubuk Minuman Besarkan Bisnis via Online

Ade Hapsari Lestarini • 29 Mei 2021 15:41
Jakarta: Pandemi covid-19 telah menghantam banyak bisnis para pelaku usaha. Akibatnya, usaha menjadi tergerus, sehingga memaksa para pengusaha untuk mengambil keputusan terberat, mulai dari pengurangan karyawan hingga Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).
 
Hal ini tak luput dialami Heilman, seorang pelaku usaha Usaha Mikro, Menengah, dan Kecil (UMKM) yang menjalani bisnis sebagai pemasok bubuk minuman berkualitas dengan mengusung nama IndoPowder. Dia mengakui, badai pandemi covid-19 sangat memengaruhi bisnisnya. Penjualan yang merosot tajam memaksa Heilman untuk dapat beradaptasi dengan keadaan.
 
Tak putus asa, di tengah keterbatasan ruang gerak manusia, tren belanja online yang meningkat menjadi salah satu peluang yang segera dimanfaatkannya selama pandemi. Heilman pun semakin memperkuat bisnis online-nya di Shopee.

Heilman menyiasatinya dengan memutar otak, merancang strategi penjualan baru, seperti menambah beberapa varian produk serta pembuatan ukuran kemasan baru, hingga mengikuti berbagai kampanye yang ditawarkan Shopee. Alhasil, usaha yang ia lakukan untuk mempertahankan bisnis akhirnya berbuah manis.
 
Dengan usia bisnis yang masih terbilang muda, yakni tiga tahun, performa toko IndoPowder menurutnya telah melebihi ekspektasi. Ia mengakui bahwa jumlah penjualan bubuk minumannya di Shopee mengalami peningkatan dua hingga tiga kali lipat dibandingkan penjualan di e-commerce lain.
 
Tak hanya itu, tokonya juga mendapatkan predikat "Star Plus" dengan jumlah total 87 ribu pengikut. Sebuah pencapaian yang membanggakan Heilman pribadi sebagai pendiri usaha tersebut.
 
 
 

PHK jadi cambuk membangun bisnis

Heilman berkisah, awal mula dia menjalankan bisnisnya karena di PHK di perusahaan multinasional tempatnya bekerja. Saat itu, dia merupakan seorang pegawai swasta yang berada di posisi puncak manajemen pada 2018. Namun, kekecewaan tersebut tidak mematahkan semangatnya, Heilman justru menjadikannya cambuk untuk mewujudkan mimpi membangun bisnis yang ia genggam sejak duduk di bangku kuliah.
 
Berbekal uang pesangon, pengetahuan, serta pengalaman berjualan, Heilman mulai mencoba peruntungannya dalam menjalani bisnis sebagai pemasok bubuk minuman. Tren es kepal milo menjadi titik balik bisnis yang ia jajaki, yakni dengan viralnya minuman es berlumur cokelat itu banyak dijajakan oleh para pelaku UMKM di ibu kota. Permintaan bubuk minuman dari IndoPowder pun meningkat pesat. Sehingga nama usaha yang digagas Heilman menjadi semakin dikenal di kalangan pedagang minuman.
 
Semangat dan kegigihan Heilman membawa IndoPowder kian berkembang pesat. Hingga 2021, IndoPowder memiliki 32 agen dan distributor di berbagai wilayah Indonesia di antaranya Sumatra, Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi.
 
Kesuksesan Heilman dalam hal penjualan tak terlepas dari ketekunannya membangun bisnis di pasar online. Shopee menjadi salah satu pasar daring yang ia pilih untuk semakin mengembangkan bisnisnya. Dia mulai merasakan perubahan positif pada bisnisnya ketika ia bergabung menjadi salah satu pedagang Shopee. Penjualan yang meningkat dan mendapatkan konsumen loyal adalah beberapa manfaat yang ia rasakan ketika dagangannya digelar secara online di pasar digital Shopee.
 
Sejumlah inovasi penjualan yang digelar Shopee berupa Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) hingga kampanye 'Tanggal Cantik', terbukti mampu meningkatkan jumlah pengguna, yang tentunya berkontribusi besar kepada penjualan IndoPowder karena dapat menjangkau pasar yang lebih luas.
 
Selain itu Ramadan Food Fair menjadi salah satu program Shopee yang menurut Heilman mampu mendongkrak penjualan bubuk minuman hingga mengalami peningkatan 30 persen dibandingkan hari biasanya. Bahkan, program Joint Business Planning (JBP) yang berfokus pada penentuan dan perencanaan target jangka panjang bagi para penjual melalui Kampanye 4.4, berhasil meningkatkan penjualan IndoPowder 500 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.
 
 
 

Kampanye produk lokal

Namun, Heilman tak berpuas diri dengan pencapaian yang telah diraihnya dengan terus belajar dan aktif berpartisipasi dalam berbagai program penjualan yang diselenggarakan Shopee. Salah satunya yakni keikutsertaan IndoPowder dalam fitur terbaru Shopee bernama #ShopeePilihLokal.
 
Dengan partisipasinya tersebut, IndoPowder tak hanya mendukung program pemerintah untuk lebih mengapresiasi dan mengkampanyekan penggunaan produk lokal, namun juga dapat meningkatkan online presence di Shopee, sehingga bisa menjangkau lebih banyak konsumen dan dapat membantu keberlangsungan bisnis UMKM lokal lain.
 
Selain itu, Heilman juga mengikutsertakan IndoPowder dalam kampanye 6.6 Kuliner Viral Day yang digelar pada 29 Mei-6 Juni 2021. IndoPowder ikut memberikan promo yang dapat dinikmati untuk membeli produk yang dijajakan.
 
"Pada saat yang bersamaan, kami juga berencana untuk meluncurkan produk baru IndoPowder di tanggal tersebut yang juga akan ditunjang dengan promo gratis ongkir sebagai daya tarik bagi konsumen untuk memborong produk IndoPowder pada kampanye 6.6 #ShopeePilihLokal," ujar Heilman, dikutip Sabtu, 29 Mei 2021.
 
Heilman optimistis dengan bantuan Shopee, dalam kurun waktu dua sampai tiga tahun ke depan bisnisnya bisa menjadi salah satu pemimpin pasar untuk penjualan produk bubuk minuman. Dapat menjangkau pulau-pulau terpencil di Indonesia seperti Papua, merupakan impian selanjutnya dari Heilman bagi IndoPowder.
 
Keberhasilan Heilman dalam perjalanannya mengembangkan bisnis IndoPowder patut diacungi jempol karena diikuti dengan tujuan mulianya, yaitu untuk dapat membantu sesama rekan pengusaha lokal, khususnya para penggiat UMKM minuman di Indonesia untuk bisa berjuang dan sukses bersama.
 
Mantan petinggi perusahaan multinasional itupun berpesan agar para pelaku UMKM lokal yang sama-sama sedang merintis bisnis, untuk selalu dapat melihat peluang dari setiap masalah yang sedang dihadapi. Hal ini salah satunya dapat diwujudkan dengan cara bergabung menjadi penjual di Shopee, salah satu e-commerce terdepan di Indonesia dengan jutaan pelanggan setia.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(AHL)
Read All


TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan