UMKM bubuk minuman kembangkan pasar online. Foto: dok pribadi.
UMKM bubuk minuman kembangkan pasar online. Foto: dok pribadi.

Kiprah UMKM Bubuk Minuman Besarkan Bisnis via Online

Ade Hapsari Lestarini • 29 Mei 2021 15:41
Jakarta: Pandemi covid-19 telah menghantam banyak bisnis para pelaku usaha. Akibatnya, usaha menjadi tergerus, sehingga memaksa para pengusaha untuk mengambil keputusan terberat, mulai dari pengurangan karyawan hingga Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).
 
Hal ini tak luput dialami Heilman, seorang pelaku usaha Usaha Mikro, Menengah, dan Kecil (UMKM) yang menjalani bisnis sebagai pemasok bubuk minuman berkualitas dengan mengusung nama IndoPowder. Dia mengakui, badai pandemi covid-19 sangat memengaruhi bisnisnya. Penjualan yang merosot tajam memaksa Heilman untuk dapat beradaptasi dengan keadaan.
 
Tak putus asa, di tengah keterbatasan ruang gerak manusia, tren belanja online yang meningkat menjadi salah satu peluang yang segera dimanfaatkannya selama pandemi. Heilman pun semakin memperkuat bisnis online-nya di Shopee.

Heilman menyiasatinya dengan memutar otak, merancang strategi penjualan baru, seperti menambah beberapa varian produk serta pembuatan ukuran kemasan baru, hingga mengikuti berbagai kampanye yang ditawarkan Shopee. Alhasil, usaha yang ia lakukan untuk mempertahankan bisnis akhirnya berbuah manis.
 
Dengan usia bisnis yang masih terbilang muda, yakni tiga tahun, performa toko IndoPowder menurutnya telah melebihi ekspektasi. Ia mengakui bahwa jumlah penjualan bubuk minumannya di Shopee mengalami peningkatan dua hingga tiga kali lipat dibandingkan penjualan di e-commerce lain.
 
Tak hanya itu, tokonya juga mendapatkan predikat "Star Plus" dengan jumlah total 87 ribu pengikut. Sebuah pencapaian yang membanggakan Heilman pribadi sebagai pendiri usaha tersebut.
 
 
Halaman Selanjutnya
  PHK jadi cambuk membangun…
Read All


TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan