Ketua Komite Tetap untuk Energi Baru dan Terbarukan Kadin Indonesia, Muhammad Yusrizki. Foto: Kadin
Ketua Komite Tetap untuk Energi Baru dan Terbarukan Kadin Indonesia, Muhammad Yusrizki. Foto: Kadin

Kadin Dorong Percepatan Peninjauan Regulasi PLTS Atap

Antara • 18 Januari 2022 23:11
Jakarta: Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia berharap pemerintah mempercepat peninjauan kembali regulasi mengenai pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) atap. Ketua Komite Tetap untuk Energi Baru dan Terbarukan Kadin Indonesia, Muhammad Yusrizki, menyayangkan adanya keputusan menahan regulasi itu.
 
Pemerintah memutuskan menahan pemberlakuan Peraturan Menteri Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (Permen ESDM) No 26 Tahun 2021 tentang PLTS Atap. Pembatalan itu dilakukan setelah empat bulan aturan diterbitkan.
 
"(Penahanan) itu berdampak bagi pelaku bisnis," kata Yusrizki seperti dilansir Antara, Selasa, 18 Januari 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia mengatakan regulasi yang terbit sejak Agustus 2021 itu telah menjadi dasar hukum bagi ekosistem bisnis. Terutama yang bergerak pada pemasangan dan operasionalisasi PLTS atap pada pelanggan-pelanggan listrik, baik pelanggan industri maupun pelanggan rumah tangga.
 
Yusrizki mengatakan, jika alasan penarikan regulasi tersebut karena berdampak terhadap sistem kelistrikan PT PLN, aspek ini seharusnya sudah dibahas. Pemerintah pun, kata dia, harusnya mencari jalan keluarnya sebelum Permen ESDM Diberlakukan.
 
"Perlu diingat bahwa Permen ESDM mengenai PLTS atap sudah mengalami beberapa evolusi," kata dia. 
 
Mulai dengan keluarnya Permen ESDM 01/2017 tentang Operasi Paralel, berlanjut pada terbitnya Permen ESDM 49/2018. "Jadi, PLTS atap bukan hal baru lagi bagi pemerintah dan PLN. Maka, cukup mengejutkan jika kali ini timbul alasan teknis terkait implementasi PLTS atap," kata Yusrizki.
 
Baca: Pertamina Pasang PLTS Atap di 1.500 SPBU hingga 2022
 
Ia pun mendorong adanya dialog antarpemangku kepentingan untuk mencari solusi teknis. Agar implementasi PLTS atap dapat berjalan tanpa hambatan.
 
"Jika permasalahannya teknis, maka selesaikan dengan mencari solusi teknis," kata Yusrizki.
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif