PLTS SPBU. Foto: dok. Pertamina.
PLTS SPBU. Foto: dok. Pertamina.

Pertamina Pasang PLTS Atap di 1.500 SPBU hingga 2022

Desi Angriani • 20 Desember 2021 18:29
Jakarta: PT Pertamina (Persero) menargetkan 1.500 SPBU akan terpasang PLTS Atap hingga 2022. Jumlah itu meningkat 10 kali lipat dengan total kapasitas terpasang mencapai sembilan MWp.
 
Saat ini PLTS Atap yang telah terpasang mencapai lebih dari 125 titik mencakup wilayah Sumatra Utara, Sumatra Barat, Riau, Bengkulu, Sumatra Selatan, Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Barat.
 
“Pemasangan PLTS Atap di SPBU Pertamina kami kebut agar target 5.000 SPBU dapat segera terwujud. Hal ini kami lakukan sebagai bentuk komitmen kami mengawal transisi energi. Dengan pemasangan PLTS Atap di SPBU Pertamina yang jumlahnya ribuan kami berharap dapat mendorong percepatan transisi energi,” tutur Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi dalam keterangan resmi, 20 Desember 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Total 1.500 PLTS Atap yang ditargetkan terpasang tahun depan akan tersebar lebih luas di wilayah Nusantara. Termasuk di Pulau Bali karena merupakan salah satu wilayah yang potensial bagi pengembangan PLTS.
 
Menurut data Institute of Essential Services Reform (IESR), potensi teknis PLTS di Bali mencapai 26,4 GWp. Ditambah dengan terbitnya Peraturan Gubernur nomor 45 tahun 2019 tentang Bali Energi Bersih.
 
"Ambisi untuk menghijaukan SPBU adalah salah satu program utama Pertamina yang dilaksanakan oleh Pertamina Patra Niaga sebagai subholding Commercial & Trading," ungkap dia.
 
SPBU yang telah terkategori hijau akan mendapatkan predikat sebagai Green Energy Station (GES). Program ini mencakup antara lain penyediaan BBM ramah lingkungan, penyediaan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik untuk Umum (SPKLU) ataupun battery swapping station (BSS), penggunaan PLTS sebagai sumber energi listrik, serta digitalisasi layanan.
 
(DEV)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif