Ilustrasi. FOTO: MI/SUSANTO
Ilustrasi. FOTO: MI/SUSANTO

Pemerintah Perlu Hapus Permanen Tarif Produk Farmasi

Ekonomi Virus Korona industri farmasi
Suci Sedya Utami • 14 Agustus 2020 09:05
Jakarta: Pemerintah perlu menghapus pengenaan tarif produk farmasi sebagai salah satu upaya untuk menekan pandemi covid-19 di Tanah Air mengingat penghapusan tarif diyakini menjaga kelangsungan pasokan obat selama dan sesudah covid-19. Pasalnya selama ini banyak bahan baku obat yang berasal dari impor.
 
Mengutip temuan Geneva Network dalam laporan berjudul 'Abolishing Pharmaceutical and Vaccine Tariffs to Promote Access', Peneliti dari Center for Indonesian Policy Studies (CIPS) Andree Surianta mengatakan adanya bea masuk dalam bentuk tarif untuk produk farmasi berkontribusi besar pada kenaikan harga obat.
 
Tarif terhadap obat-obatan pada dasarnya seperti pajak regresif, karena lebih membebani masyarakat berpenghasilan rendah daripada yang berpenghasilan tinggi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tingginya tarif masuk seperti ini tentu akan sangat memengaruhi harga jualnya. Kenaikan harga jual tentu akan memengaruhi keterjangkauan produk tersebut di pasaran. Kalau hambatan seperti ini tidak segera diatasi, maka mereka yang sakit malah dipaksa membayar lebih mahal," kata Andree, dalam keterangan resminya, Jumat, 14 Agustus 2020.
 
Indonesia, kata dia, sebenarnya sudah mengurangi tarif untuk produk farmasi dalam beberapa tahun terakhir. Namun Indonesia masih menerapkan tarif rata-rata obat sebesar 3,8 persen dan 3,3 persen untuk vaksin. Selain itu, Indonesia malah memperluas kategori obat-obatan yang dikenakan tarif, dari 14 kategori pada 2001 menjadi 66 kategori pada 2018.
 
Di luar obat-obatan pun, Indonesia masih mengenakan tarif yang cukup tinggi untuk APD dan alat medis. Data Geneva Network sekali lagi menunjukkan tarif APD sebesar 10,5 persen dan alat medis 5,5 persen.

 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif