Ilustrasi CPO. Foto: dok MI/Amir.
Ilustrasi CPO. Foto: dok MI/Amir.

Mengenal CPO, RBD Palm Oil, RBD Palm Olein, dan UCO yang Dilarang Ekspor

Ekonomi minyak sawit CPO minyak goreng Ekspor CPO Glosarium CPO Sawit Bahan Baku Minyak Goreng Larangan Ekspor CPO
Ade Hapsari Lestarini • 28 April 2022 12:19
Jakarta: Pemerintah hari ini sudah resmi melarang sementara pengusaha untuk melakukan ekspor produk Crude Palm Oil (CPO) dan turunannya.
 
Hal ini dipertegas dalam Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 22 Tahun 2022 tentang Larangan Sementara Ekspor Crude Palm Oil (CPO), Refined, Bleached and Deodorized Palm Oil (RBD Palm Oil), Refined, Bleached, and Deodorized Palm Olein (RBD Palm Olein), dan Used Cooking Oil (UCO).
 
Mengutip laman Inna.co.id, sebelum diolah menjadi berbagai produk, minyak sawit biasa dimurnikan terlebih dahulu. Pemurnian tersebut menghasilkan minyak sawit RBD (refined, bleached, and deodorized).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berbagai perusahaan memproses lagi minyak sawit RBD untuk mendapatkan minyak olein yang punya tingkat kemurnian lebih tinggi. Minyak sawit RBD laris di seluruh dunia sebagai komoditas bahan baku industri.
 
Melansir berbagai sumber, berikut penjelasan lebih rinci terkait produk CPO dan turunannya.

Crude Palm Oil (CPO)

CPO adalah salah satu jenis minyak nabati yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat dunia, yakni sekitar 40 persen dari seluruh jenis minyak nabati.
 
Melansir laman Politeknik Kelapa Sawit, CPO merupakan minyak kelapa sawit mentah. Produk ini diperoleh dari hasil ekstraksi atau proses pengempaan daging buah (mesocarp) kelapa sawit dan belum mengalami pemurnian.
 
CPO adalah minyak kelapa sawit mentah yang berwarna kemerah-merahan. Pemanfaatan minyak CPO cukup beragam, terutama sebagai bahan pangan, industri kosmetik, industri kimia, industri pakan ternak, dan lain-lain.
 
Mengenal CPO, RBD <i>Palm Oil</i>, RBD <i>Palm Olein</i>, dan UCO yang Dilarang Ekspor
Sumber: Permendag No. 22 Tahun 2022

Refined, Bleached and Deodorized Palm Oil (RBD Palm Oil)

Melansir laman aocs.org, RBD Palm Oil adalah minyak sawit yang dimurnikan, diputihkan, dan dihilangkan baunya. Minyak sawit ini hambar, tidak berbau, berwarna kuning muda, dan semipadat pada suhu kamar, sehingga menjadikannya pengganti yang ideal untuk minyak terhidrogenasi parsial dalam banyak produk makanan ringan dan makanan yang dipanggang.
 
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif