Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI). Foto: Medcom.id/Desi Angriani
Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI). Foto: Medcom.id/Desi Angriani

Top 5 Terpopuler Sepekan, dari Taiwan hingga Daftar 30 Emiten Kakap

Ekonomi Emiten natal dan tahun baru Berita Menarik Ekonomi Sepekan
Nia Deviyana • 20 Desember 2020 14:51
Jakarta: Berita ekonomi yang populer dalam sepekan hadir dari berbagai isu, baik dari eksternal maupun internal. Terpopuler pertama, Taiwan akan bergabung dengan versi baru Kemitraan Trans-Pasifik (CPTPP).
 
Selanjutnya, kabar terkait protokol selama libur Natal dan Tahun Baru juga menjadi perhatian. Begitu juga terkait kewajiban rapid antigen bagi yang ingin menggunakan transportasi umum.
 
Berita terkait impor dari AS dan Tiongkok juga mendominasi berita terpopuler sepekan. Terakhir, ada nama-nama emiten yang dirilis dalam 30 Emiten Kakap di Indeks IDX ESG Leaders.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Medcom.id merangkum lima berita yang menjadi topik populer dalam sepekan. Rangkuman ini sebagai referensi bagi pembaca yang memantau isu ekonomi terkini.
 
1. Taiwan akan Bergabung dengan Pakta Perdagangan Trans-Pasifik
 
Taiwan akan bergabung dengan versi baru Kemitraan Trans-Pasifik (CPTPP) setelah menyelesaikan konsultasi informal dengan 11 anggotanya.
 
Dikutip dari Xinhua, Senin 14 Desember 2020, sebagai anggota Organisasi Perdagangan Dunia (WTO), banyak negara waspada dalam menandatangani kesepakatan perdagangan dengan Taiwan karena takut akan keberatan dari Tiongkok, yang mengklaim pulau demokratis itu sebagai wilayahnya sendiri, dan Taiwan telah mengupayakan akses yang lebih besar ke kesepakatan multilateral.
 
Baca berita selengkapnya di sini.
 

2. Bukan PSBB, Ini yang Diberlakukan Pemerintah Selama Libur Natal dan Tahun Baru
 
Menteri Koordinator bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan pemerintah tidak menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) saat libur Natal dan Tahun Baru 2021. Namun, memberlakukan pengetatan terukur demi mencegah penularan virus korona.
 
Baca berita selengkapnya di sini.
 
3. Pemerintah Belum Putuskan Wajib Rapid Antigen saat Liburan Natal dan Tahun Baru
 
Kementerian Perhubungan (Kemenhub) belum memutuskan kewajiban melakukan rapid test antigen bagi warga yang bepergian ke Jakarta dan Bali pada libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). Kebijakan tersebut masih dikaji bersama kementerian dan lembaga terkait.
 
Baca berita selengkapnya di sini.
 
4. Impor AS dari Tiongkok Melonjak Jelang Akhir 2020
 
The New York Times melaporkan kegiatan impor Amerika Serikat (AS) dari Tiongkok melonjak jelang akhir 2020 meski Pemerintahan Trump mengenakan tarif yang tinggi atas barang-barang dari Tiongkok. Bahkan, kinerja impor terus naik di tengah pandemi covid-19 yang masih berlangsung sampai sekarang ini.
 
Baca berita selengkapnya di sini.
 
5. Baru Meluncur, Cek 30 Emiten Kakap dalam Indeks IDX ESG Leaders
 
Bursa Efek Indonesia (BEI) sudah meluncurkan indeks baru IDX ESG Leaders. BEI pun memiliki empat proses dalam memilih konstituen Indeks IDX ESG Leaders.
 
Baca berita selengkapnya di sini.
 
 
(DEV)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif