Ilustrasi tol laut. Foto: dok MI/Atet.
Ilustrasi tol laut. Foto: dok MI/Atet.

Menahan Guncangan di Tol Laut

Insi Nantika Jelita • 15 Agustus 2022 11:24
 

Rute tol laut

Adapun rute tol laut yang didukung oleh Pelindo ialah rute Tanjung Priok-Kijang-Letung-Tarempa-Pulau Laut Natuna (Selat Lampa)-Subi-Serasan-Midai. Berikutnya, rute Tanjung Perak-Biak-Timika-Wanci-Kisar-Tobelo-Maba-Obi-Tidore-Gede-Kalabahi-Rote-Sabu-Saumlaki-Dobo-Jayapura-Merauke.
 
Ali mengungkapkan, salah satu fokus utama Pelindo pasca-merger sejak Oktober 2021 lalu ialah transformasi operasional pada klaster peti kemas melalui standardisasi dan sistemisasi pelabuhan. "Hasilnya, selama hampir sepuluh bulan pascamerger, ada peningkatan kinerja dan produktivitas di sejumlah pelabuhan," ucapnya.
 
Peningkatan produktivitas bongkar muat tersebut, ungkapnya, diukur dengan parameter boks per kapal per jam (BSH) dan pengurangan port stay atau waktu sandar kapal di pelabuhan yang diukur dengan jumlah hari.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Di Terminal Peti Kemas (TPK) Belawan di Medan, Sumatra Utara, misalnya, jumlah bongkar muat tercatat naik lebih dari dua kali lipat dari 20 boks per kapal per jam menjadi 45 boks per kapal per jam.
 
Peningkatan kinerja yang sama juga terjadi di Terminal Peti Kemas Makassar, Sulawesi Selatan Kecepatan bongkar muat dari 20 BSH menjadi 42 BSH dan waktu sandar juga bisa berkurang dari dua hari menjadi satu hari.
 
Sejalan dengan TPK Makassar, Terminal Makassar New Port juga mengalami peningkatan kecepatan bongkar muat dari 20 BSH menjadi 39 BSH dengan standar waktu sandar yang berkurang dari dua menjadi satu hari.
 
Menurutnya, makin pendeknya waktu sandar dan waktu bongkar muat membuat biaya operasional makin efisien, dan diharapkan trafik kapal dapat meningkat. Bagi pelanggan, baik shipping line maupun pemilik kargo juga dapat memetik manfaat efi siensi biaya dan business opportunity yang lebih besar.
 
"Standardisasi bisnis dan pelayanan ke depannya diharapkan dapat memberikan kontribusi pada penurunan biaya logistik secara bertahap. Pada akhirnya, efisiensi biaya logistik ini dapat mendongkrak perekonomian nasional," ucap Ali.

Sejumlah tantangan

Terdapat sejumlah tantangan yang dihadapi perseroan dalam Program Tol Laut, di antaranya lamanya waktu pelayaran yang cukup panjang dalam mengirimkan barang yang berpotensi mengakibatkan penurunan kualitas dari barang tersebut, lalu masih terdapat beberapa daerah 3T yang belum dapat dijangkau oleh program tersebut.
 
Adapun di tengah kondisi global yang tak menentu akibat efek domino perang di Rusia-Ukraina, kinerja banyak pihak, terutama stakeholders dalam pelayanan logistik bakal terpengaruh. Terkait penaikan harga bahan bakar minyak (BBM), misalnya. Itu akan membuat banyak kapal tidak berlayar karena biaya operasional membengkak.
 
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyoroti masalah kosongnya muatan saat balik ke daerah asal.
 
Luhut menegaskan masalah itu tidak bisa didiamkan. Dia bersama jajaran menteri terkait akan mengadakan pertemuan untuk merancang strategi tactical floor game (TFG) guna mengatasi masalah muatan balik tol laut.
 
"(Tol laut) masih ada kekurangan sehingga kami merancang tactical floor game, kita akan gelar di lapangan sehingga nanti tidak ada lagi kapal kosong kalau kembali dari Indonesia Timur," kata Luhut dalam webinar beberapa waktu lalu.
 
Luhut menilai muatan balik tol laut berpengaruh dalam mendorong perekonomian di daerah tertinggal, terpencil, terluar, dan perbatasan. Program tersebut pun diyakini akan memberikan efisiensi pembiayaan distribusi logistik atau mengurangi disparitas harga.
 
"(Proyek tol laut) ini perlu dilakukan agar cost (pembayaran) lebih efisien karena apa pun yang kita lakukan itu ujung-ujungnya cost efisien," ucapnya.
 
Dengan berbagai perbaikan yang dirancang, diharapkan program tol laut akan bertahan di tengah guncangan dan tidak akan lapuk hanya karena ada perubahan di level pimpinan kementerian atau lembaga.
 
(AHL)
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif