Empat Kandidat Kuat Peraih Ballon d'Or 2018
Trofi Ballon d'Or (AFP PHOTO / FRANCK FIFE)
Jakarta: Pemenang Ballon d'Or akan diumumkan pada acara seremoni di Paris pada 3 Desember 2018. Namun, perdebatan sosok yang pantas merebutnya mulai ramai diperbicangkan. 

Dari beberapa nama pemain besar, gelandang Real Madrid, Luka Modric menjadi kandidat terkuat. Sepanjang 2018 ini pemain timnas Kroasia itu merebut dua penghargaan prestisius sebelumnya yakni Pemain Terbaik Eropa dan Pemain Terbaik Dunia versi FIFA 2018.

Keberhasilan Modric sekaligus menghentikan dominasi Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi yang selalu merebut gelar-gelar tersebut satu dekade ini.


Akan tetapi, Ballon d'Or memiliki mekanisme yang berbeda jika dibandingkan dua penghargaan sebelumnya. Ballon d'Or menggunakan ukuran performa selama satu tahun kalender untuk menentukan yang terbaik. Sedangkan, penghargaan lainnya memakai ukuran penampilan selama satu musim kompetisi.

Selain itu, pemilik hak suara untuk voting dalam penghargaan Ballon d'Or hanya melibatkan anggota federasi jurnalis internasional. Sementara, pemilihan Pemain Terbaik versi FIFA melibatkan lebih banyak unsur stakeholder sepak bola seperti pelatih, kapten tim nasional, jurnalis, serta pendukung. Hal ini membuat Modric tidak serta merta akan kembali menjadi yang terbaik pada penghargaan Ballon d'Or.

Klik di sini: Susunan Pemain Timnas U-19 vs Taiwan: Egy Langsung Starter!

Tidak sedikit prediksi saat ini merujuk kepada tiga punggawa tim nasional (Timnas) Prancis, yakni Kylian Mbappe, Antoine Griezmann, dan Raphael Varane. Prestasi ketiganya ialah membawa  Les Bleus atau Si Biru menjuarai Piala Dunia 2018 di Rusia musim panas lalu.

Dari ketiganya, hanya satu pemain yang sukses merebut trofi Piala Dunia dan Liga Champions Eropa sekaligus tahun ini. Dia ialah Varane.

Masalahnya pemain Real Madrid ini merupakan seorang pemain belakang. Bek terakhir yang memenangi Ballon d'Or ialah Fabio Cannavaro pada 2006 silam. Setelahnya pemain berposisi penyerang yang lebih sering merebuh penghargaan tersebut.

Griezmann atau Mbappe

Antoine Griezmann memiliki segudang alasan untuk turut diperhitungkan. Selain membantu Prancis menjuarai Piala Dunia, Griezmann juga membantu Atletico Madrid merebut titel Liga Europa yang merupakan kompetisi kasta kedua Eropa pada musim lalu. Bahkan Luka Modric mengamininya jika Griezman merebut Ballon d'Or.

Griezmann secara mengejutkan tidak masuk dalam lis tiga kandidat Pemain Terbaik Dunia versi FIFA yang diisi oleh Luka Modric, Cristiano Ronaldo, dan Mohamed Salah. Ia pun sempat mengaku kecewa akan hal itu.

Sementara itu, Kylian Mbappe diperhitungkan karena statusnya sebagai wonderkid sekaligus Pemain Muda Terbaik pada Piala Dunia 2018 lalu. Mbappe juga tengah dalam performa terbaik musim ini dengan mencetak 10 gol hanya dalam tujuh kali tampil. 

Video: Timnas U-19 Diprediksi Menang Besar atas Taiwan
 



(ACF)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id