Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial
Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial

[Cek Fakta]

[Cek Fakta] Banjir di Jakarta adalah Air Mata Malaikat yang Terharu pada Alumni 212, Benarkah?

Medcom Files Cek Fakta
M Rodhi Aulia • 15 Januari 2020 17:17
Beredar sebuah foto tangkapan layar pemberitaan yang diklaim dari CNNIndonesia.com di media sosial. Dalam tangkapan layar itu muncul narasi bahwa Koordinator Lapangan (Korlap) Front Pembela Islam (FPI) menyampaikan sebuah pernyataan.
 
Korlap FPI menyatakan bahwa banjir di Jakarta merupakan air mata malaikat yang terharu pada alumni 212 yang sering salat di Monas.
 
Berikut narasi lengkapnya:

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
"KORLAP FPI : BANJIR DI JAKARTA ADALAH AIR MATA MALAIKAT YANG JATUH, SEBAB MALAIKAT TERHARU PADA ALUMNI 212 YANG SERING SHOLAY MASSAL DI MONAS."
[Cek Fakta] Banjir di Jakarta adalah Air Mata Malaikat yang Terharu pada Alumni 212, Benarkah?

 

Akun facebook Zulfadli Pabundu membagikan tangkapan layar tersebut pada Selasa 14 Januari 2020. Ia menambahkan komentar terhadap tangkapan layar itu. "Kajian yang sangat ilmiah danmengharukan....ckckckck," tulis dia.
 
Akun facebook Benny juga ikut membagikan hal serupa di sebuah grup facebook Humanity for Ideology,Politics and Science ( HIPS ) pada Rabu 15 Januari 2020. Ia menambahkan komentar.
 
"Tuh kan ini cuma air mata malaikat yg terharu.kalian mana ngerti,jd jngn salahkan Anies,pake lapor polisi segala," kata Akun Benny.
 

[Cek Fakta] Banjir di Jakarta adalah Air Mata Malaikat yang Terharu pada Alumni 212, Benarkah?
 

Penelusuran:
Dari penelusuran kami, klaim yang menyatakan bahwa CNNIndonesia.com mengeluarkan pemberitaan demikian adalah salah.
 
CNNIndonesia.com tidak pernah memberitakan Korlap FPI membuat pernyataan bahwa banjir di Jakarta merupakan air mata malaikat yang terharu pada alumni 212 yang sering salat di Monas.
 
Dalam akun resmi di twitter @CNNIndonesia pada Minggu 12 Desember 2017, CNNIndonesia.com menyampaikan bantahannya secara resmi.
 

[Cek Fakta] Banjir di Jakarta adalah Air Mata Malaikat yang Terharu pada Alumni 212, Benarkah?
 

CNNIndonesia.com menyatakan pihaknya tidak pernah menayangkan berita tersebut. Mereka tidak pernah mempublikasikan berita atau pernyataan FPI soal banjir Jakarta seperti yang tercantum dalam gambar itu.
 
"Kami menyesalkan pembuatan dan peredaran berita tersebut karena bisa menimbulkan persepso negatif pada media kami, narasumber, dan pihak lain yang disebutkan dalam berita palsu itu. Untuk itu kami tengah berkonsultasi dengan tim legal kami terkait langkah-langkah selanjutnya," kata Pemimpin Redaksi CNNIndonesia.com, Yoko Sari, kala itu.
 

Kesimpulan:
Klaim yang menyatakan CNNIndonesia.com menayangkan pemberitaan bahwa Korlap FPI mengatakan banjir di Jakarta merupakan air mata malaikat yang terharu pada alumni 212 yang sering salat di Monas, adalah salah. Faktanya, tidak pernah ada berita tersebut tayang di CNNIndonesia.com.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenis manipulated content atau konten manipulasi biasanya berisi hasil editan dari informasi yang pernah diterbitkan media-media besar dan kredibel. Gampangnya, konten jenis ini dibentuk dengan cara mengedit konten yang sudah ada dengan tujuan untuk mengecoh publik.
 

Sumber:
1. https://www.facebook.com/photo.php?fbid=10215287454128166&set=a.1304439179604&type=3&theater
2. https://www.facebook.com/groups/265837947375172/permalink/476580892967542/
 

Referensi:
https://twitter.com/CNNIndonesia/status/940544039740305408/photo/1
 
(DHI)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif