Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Twitter
Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Twitter

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Video Ini Perlihatkan Kapal Rusia Meledak Terkena Serangan Rudal Ukraina? Ini Faktanya

Medcom Files hoax Rusia-Ukraina Cek Fakta kabar hoaks
Wanda Indana • 11 Mei 2022 13:39
Sebuah video beredar di media sosial yang diklaim menunjukkan kapal perang Rusia Moskva meledak oleh serangan rudal Ukraina. Video itu beredar di media sosial.
 
Akun Twitter @chenzixin08 membagikan video berdurasi 10 detik tersebut pada 15 April 2022. Pada unggahannya, akun itu menyertakan cuitaan, berikut narasinya:

"Saat kapal penjelajah Moskow ditabrak,"


 
Benarkah? Berikut cek faktanya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 

[Cek Fakta] Video Ini Perlihatkan Kapal Rusia Meledak Terkena Serangan Rudal Ukraina? Ini Faktanya
Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim pada video yang beredar bahwakapal perang Rusia Moskva meledak oleh serangan rudal Ukraina adalah salah. Faktanya, video lama memperlihatkan kapal Angkatan Laut Norwegia yang sedang melakukan latihan.
 
Melalui reverse image, video yang sama dengan durasi yang lebih panjang diunggah kanal YouTube kantor berita Inggris, South West News Service, berjudul "Norwegian Navy Test Missile Strike". Video diunggah pada 6 Juni 2013.
 
Pada kolom deskripsi video terdapat keterangan sebagai berikut:
 
“Angkatan bersenjata Norwegia membawa kapal fregat yang dinonaktifkan ke laut untuk permainan latihan target. Mereka kemudian menembakkan 'Joint Strike Missile' baru ke kapal dengan akurasi tepat, menyebabkan ledakan besar dan kerusakan besar pada kapal,"
 
Pula, pemberitaan latihan militer Norwegia tersebut juga banyak ditemukan pada media internasional lainnya seperti CNN, Yahoo News dan publikasi spesialis militer dengan menggunakan video yang sama.
 

Kesimpulan:
Klaim pada video yang beredar bahwakapal perang Rusia Moskva meledak oleh serangan rudal Ukraina adalah salah. Faktanya, video lama memperlihatkan kapal Angkatan Laut Norwegia yang sedang melakukan latihan.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenis misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
 
Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.
 

[Cek Fakta] Video Ini Perlihatkan Kapal Rusia Meledak Terkena Serangan Rudal Ukraina? Ini Faktanya
 

Referensi:
https://factcheck.afp.com/doc.afp.com.328K4WC
https://edition.cnn.com/videos/bestoftv/2013/06/07/point-vo-norwegian-ship-explosion.cnn
https://consent.yahoo.com/v2/collectConsent?sessionId=4_cc-session_e8af240c-8938-4d27-9622-3f9872c43bb1
https://www.military.com/video/guided-missiles/sea-launched/norwegian-navy-blows-up-own-ship/2439789446001
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 


 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif