Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Twitter
Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Twitter

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Video Bendera Indonesia Terbentang Luas di Konser Band Scorpions di Polandia? Cek Faktanya

Medcom Files Cek Fakta Bendera Indonesia hoax kabar hoaks
Wanda Indana • 06 Juli 2022 14:27
Beredar sebuah video yang memperlihatkan dua buah bendera dibentangkan oleh sekumpulan penonton di tengah konser musik. Video disertai keterangan bahwa bendera yang dibentangkan merupakan bendera Indonesia pada konser band Scorpion di Polandia.
 
Akun Twitter ini mengunggah video tersebut pada Minggu, 1 Juli 2022. Pada unggahan videonya, akun itu menyematkan cuitan dengan narasi sebagai berikut:
 
"KEREN bendera NKRI kita terbentang luas di konser group Scorpion dipolandia berkat presiden kita Jokowi Ukraina n Rusia"

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Benarkah? Berikut cek faktanya. [Cek Fakta] Video Bendera Indonesia Terbentang Luas di Konser Band Scorpions di Polandia? Cek Faktanya
 
Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim pada video yang beredar memperlihatlan bendera Indonesia dibentangkan pada saat konser band Scorpion di Polandia adalah salah. Faktanya, bendera dalam video tersebut merupakan bendera Polandia dan Ukraina yang dibentangkan sebagai bentuk dukungan terhadap Ukraina.
 
Video identik akun TwitterUkraine News Live (@UkraineNewsLive) diunggah pada 30 mei 2022. Pada video, diberikan keterangan dengan terjemahan sebagai berikut:
 
"Pada hari Sabtu, 28 Mei, di konser band rock legendaris #Jerman #Scorpions di #Krakow, orang Polandia mengibarkan bendera besar #Ukraina bersama dengan bendera #Polandia sebagai tanda dukungan untuk #Orang Ukraina. 1/2"
 
[Cek Fakta] Video Bendera Indonesia Terbentang Luas di Konser Band Scorpions di Polandia? Cek Faktanya
 
Pula, dilansirglobalhappenings.com,video performa Scorpions muncul di berbagai jejaring sosial. Disebutkan, ramai orang datang ke konser membentangkan dua kain besar yakni bendera Polandia dan Ukraina. Selain itu, penonton bernyanyi serempak dengan vokalis band, Klaus Meine.
 
"Di konser Scorpions, orang-orang membentangkan bendera Polandia dan Urkaina" tulisglobalhappenings.com.
 
Kesimpulan:
klaim pada video yang beredar memperlihatlan bendera Indonesia dibentangkan pada saat konser band Scorpion di Polandia adalah salah. Faktanya, bendera dalam video tersebut merupakan bendera Polandia dan Ukraina yang dibentangkan sebagai bentuk dukungan terhadap Ukraina.
 
Informasi ini jenis hoaks false context (konteks keliru). False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.
 
[Cek Fakta] Video Bendera Indonesia Terbentang Luas di Konser Band Scorpions di Polandia? Cek Faktanya
 
Referensi:
-https://twitter.com/UkraineNewsLive/status/1531151772395393024
-https://globalhappenings.com/entertainment/192013.html
 
*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016

 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif