NEWSTICKER
Tangkapan layar pemberitaan palsu melalui media sosial. Foto: Instagram
Tangkapan layar pemberitaan palsu melalui media sosial. Foto: Instagram

[Cek Fakta]

[Cek Fakta] Seorang Pramugari Lion Air Positif Korona dan Dirawat di RS An Nisa Tangerang? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
Wanda Indana • 17 Maret 2020 16:58
Beredar Informasi bahwa seorang pramugari Lion Air di Talaga Bestari, Tangerang, positif terinfeksi virus Korona tipe baru alias covid-19. Dalam pesan itu, disebutkan pramugari tersebut sedang dirawat di Rumah Sakit An Nisa, Tangerang.
 
Pesan yang sama juga menyebar melalui media sosial Instagram. Berikut secara lengkap narasinya yang beredar:
 
"Info terbaru...Corona sudah masuk ke TB telaga Bestari , pramugari lion air sdh terinfeksi dan saat ini di rawat di RS Annisa".

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 

[Cek Fakta] Seorang Pramugari Lion Air Positif Korona dan Dirawat di RS An Nisa Tangerang? Ini Faktanya
Penelusuran:
Setelah ditelusuri, klaim bahwa seorang pramugari Lion Air positif terinfeksi korona dan dirawat RS An Nisa, Tangerang, adalah salah. Pihak RS An Nisa dan pihak manajemen maskapai Lion Air membantah kabar tersebut.
 
Melalui akun resmi Instagram, pihak manajemen RS An Nisa mengunggah klarifikasi. Berikut klarifikasinya:
 
"Manajemen RS AN-NISA TANGERANG menghimbau bahwa sampai saat ini kami tidak merawat pasien positif COVID-19. Dan tidak ada tenaga kesehatan kami yang diduga maupun positif COVID-19. Saat ini kami juga memiliki tim COVID RS AN-NISA yang merupakan tim kesiapsiagaan mencegah penularan COVID-19 yang intens melakukan pemeriksaan terhadap setiap pengunjung dan komunikasi serta koordinasi denganDinkes Tangerang dan Rumah Sakit Rujukan.
 
Jika ada indikasi pasien dengan gejala mengarah kepada COVID-19, maka akan segera dirujuk ke rumah sakit rujukan yang telah ditentukan Kementrian Kesehatan RI untuk menangani pasien sesuai prosedur yang berlaku.
 
Segala pemberitaan yang bukan berasal dari Manajemen RS AN-NISA TANGERANG adalah diluar tanggung jawab kami. Demikian himbauan ini disampaikan untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.
"
 

[Cek Fakta] Seorang Pramugari Lion Air Positif Korona dan Dirawat di RS An Nisa Tangerang? Ini Faktanya
 

Sementara itu, dilansir Liputan6.com, Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro menyatakan, tidak ada Pramugari Lion Air yang terkonfirmasi positif Covid-19. Pula, Damang menegaskan tak ada seorang Pramugari Lion Air terkonfirmasi positif Covid-19 dam menjalani perawatan di RS Annisa.
 
"Lion Air menyatakan tidak benar adanya info yang menyatakan pramugari terkena virus," kata Danang, saat berbincang dengan Liputan6.com, Selasa 17 Maret 2020.
 
Menurut Danang, Lion Air sudah mengimbau seluruh pegawainya untuk tetap menjaga kesehatan, lingkungan, makan teratur dan memberikan rekomendasi lainnya. Tujuannya, agar terhindar dari Covid-19.
 
"Dalam upaya menjaga kesehatan, yang bertujuan untuk keselamatan dan keamanan penerbangan," tuturnya.
 

Kesimpulan:
Klaim bahwa seorang pramugari Lion Air positif terinfeksi korona dan dirawat RS An Nisa, Tangerang, adalah salah. Pihak RS An Nisa dan pihak manajemen maskapai Lion Air membantah kabar tersebut.
 
Informasi tersebut masuk dalam kategori hoaks jenis fabricated content (konten palsu). Fabricated content terbilang menjadi jenis konten palsu yang paling berbahaya. Konten ini dibentuk dengan kandungan 100% tidak bisa dipertanggung-jawabkan secara fakta.
 

*Jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks, dapat melaporkan kepada kami melalui surel cekfakta@medcom.id
 

 

(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif