Tangkapan layar debat publik Pilwakot Semarang 2020. Foto: Youtube Medcom.id
Tangkapan layar debat publik Pilwakot Semarang 2020. Foto: Youtube Medcom.id

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Petahana Klaim Semarang Sudah Gratiskan 40 Sekolah Swasta? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta Debat pilwakot Semarang
Wanda Indana • 18 November 2020 15:30
Calon Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu mengatakan, pihaknya sudah menerapkan kebijakan sekolah swasta gratis. Ada 40 sekolah swasta yang sudah dibebaskan dalam pembiayaan.
 
Hal itu diungkapkan Hevearita ketika merespons pertanyaan terkait kebijakan yang akan dilakukan untuk sekolah swasta karena telah berkontribusi besar dalam meningkatkan angka partisipasi pendidikan kota Semarang.
 
"Mulai tahun 2020, kita sudah memberikan bantuan sekolah gratis pembiayaan, sekarang sudah 40 sekolah swasta” kata Hevearita dalam debat publik pendalaman materi dan penajaman visi dan misi paslon Walikota dan Wakil Walikota Semarang 2020 yang disiarkan langsung kanal Youtube Medcom.id, Rabu 18 November 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 

[Cek Fakta] Petahana Klaim Semarang Sudah Gratiskan 40 Sekolah Swasta? Ini Faktanya
Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim Pemkot Semarang sudah menerapkan kebijakan sekolah gratis di 40 sekolah swasta adalah benar. Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang, Gunawan Saptogiri mengatakan, dalam program sekolah swasta gratis, ada di 7 Taman Kanak-kanak (TK), 14 Sekolah Dasar (SD), dan 19 Sekolah Menengah Pertama (SMP).
 
"Program ini bertujuan agar siswa-siswa yang tidak diterima di sekolah negeri bisa tetap bersekolah di sekolah swasta tanpa kesulitan biaya," ujar Gunawan, Jumat 10 Juli 2020 seperti dilansir Gatra.
 
Gunawan menjelaskan, tidak ada persyaratan khusus bagi calon siswa yang ingin menuntut ilmu di sekolah swasta secara gratis hingga lulus. "Yang penting mereka warga Kota Semarang, sudah bisa masuk ke sekolah swasta yang kami tunjuk itu," ujarnya.
 
Bahkan, kapasitas sekolah swasta gratis, baik dari kapasitas murid atau jumlah sekolahnya akan ditingkatkan "Semuanya gratis dibiayai dari APBD Kota Semarang," ucapnya.
 

[Cek Fakta] Petahana Klaim Semarang Sudah Gratiskan 40 Sekolah Swasta? Ini Faktanya
 

Kesimpulan:
Klaim Pemkot Semarang sudah menerapkan kebijakan sekolah gratis di 40 sekolah swasta adalah benar. Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang, Gunawan Saptogiri mengatakan, dalam program sekolah swasta gratis, ada di 7 Taman Kanak-kanak (TK), 14 Sekolah Dasar (SD), dan 19 Sekolah Menengah Pertama (SMP).
 

Referensi:
https://www.gatra.com/detail/news/484311/milenial/pemkot-semarang-gratiskan-40-sekolah-swasta
 

 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif