Tangkapan layar unggahan hoaks di media sosial
Tangkapan layar unggahan hoaks di media sosial

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Campuran Daun Pepaya dan Jahe Dapat Mengobati Covid-19 Varian Omicron? Cek Faktanya

Medcom Files hoax Cek Fakta Jahe Hoaks Covid-19
Wanda Indana • 08 Februari 2022 16:24
Beredar narasi di media sosial yang menyebutkan campuran daun pepaya dan jahe dapat mengobati Covid-19 varian Omicron. Narasi itu juga melarang pergi ke dokter jika mengalami gejala covid-19.
 
Akun Facebook KarmilaSari UmmAhmad IbnuSholeh turut membagikan narasi tersebut pada Senin, 7 Februari 2022. Dalam narasi itu berisi perintah untuk menyebarluaskan pesan tersebut.
 
Berikut narasi yang beredar:

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
"Obat Omicron :
Ayo...
disebar-luaskan ke temen2 & saudara2 semua, kalau ada yang batuk2, pilek, anosmia (tidak ada rasa penciuman) tidak usah dibawa ke dokter...
Ambilkan daun Pepaya yang tua + Jahe 2 potong (secukupnya), dicuci bersih dengan air masak (karena akan dikonsumsi langsung),
lalu diblender dengan air masak dan disaring,
kemudian diperas kira2 menjadi setengah gelas...
Kalau ada dikasih madu 1 atau 2 sendok makan, kalau terasa pahit bisa tambah 3 sendok madu,
lebih baik lagi diperasin jeruk nipis...
Obatnya itu saja,
obat kampung mudah saja toh buatnya...
Sudah terbukti banyak yang sembuh...
ayo disebar-luaskan ke teman2, saudara2 kalau ada yang kurang sehat, mulut pahit, enggak mau makan, enggak bisa mencium bau-bauan (anosmia),
segera diobati itu saja, enggak usah dibawa ke dokter,
nanti kalau dites positip malah drop/strees...
Sebarkan kebaikan ini agar daerah kita, negeri kita, Indonesia zona hijau...
Salam Sehat....????"

Benarkah? Berikut cek faktanya.
 

[Cek Fakta] Campuran Daun Pepaya dan Jahe Dapat Mengobati Covid-19 Varian Omicron? Cek Faktanya
 

Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim campuran daun pepaya dan jahe dapat mengobati Covid-19 varian Omicron adalah salah. Faktanya, meski mengandung nutrisi yang baik, kandungan daun pepaya dan jahe tidak untuk mengobati penderita Omicron.
 
Dikutip dari Liputan6.com, Guru Besar Farmasi UGM, Prof. Dr. Zullies Ikawati, Apt mengatakan, campuran daun pepaya dan jahe belum bisa dibuktikan keampuhannya menyembuhkan Covid-19 varian omicron. Meski begitu, pepaya dan jahe memang memiliki fungsi nutrisi yang baik. Namun, kandungan tersebut tidak secara khusus untuk menyebuhkan penderita Omicron.
 
"Silakan saja, tidak berbahaya, tapi tidak janji juga ya hasilnya. Secara umum semua yang disebutkan memiliki fungsi nutrisi yang baik. Tapi tdak secara spesifik untuk omicron," jelas Zullies.
 
Klaim serupa sudah pernah diperiksa Tim Cek Fakta Medcom.id pada 27 Januari 2022. Sebelumnya, beredar klaim yang menyebutkan menghirup bubuk jahe kering dapat menyebuhkan infeksi Covid-19 varian Omicron.
 
Merujuk The National Academies of Sciences, Engineering, and Medicine, mengonsumsi jahe, memakan akar jahe, menghirup jahe, maupun menambahkan bubuk jahe ke dalam makanan tidak akan menghentikan infeksi virus Covid-19. Virus Covid-19 akan masuk ke dalam sel dan melakukan replikasi, kemudian memasuki sel baru dan membuat replika lagi, begitu seterusnya.
 

 
Kesimpulan:
Klaim campuran daun pepaya dan jahe dapat mengobati Covid-19 varian Omicron adalah salah. Faktanya, meski mengandung nutrisi yang baik, kandungan daun pepaya dan jahe tidak untuk mengobati penderita Omicron.
 
Informasi ini jenis hoaks false context (konteks keliru). False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.
 

[Cek Fakta] Campuran Daun Pepaya dan Jahe Dapat Mengobati Covid-19 Varian Omicron? Cek Faktanya
 

Referensi:
-https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4879679/cek-fakta-ramuan-obat-omicron-campuran-daun-pepaya-dan-jahe-ini-belum-terbukti-klinis
-https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/0kpvnlLN-cek-fakta-menghirup-bubuk-jahe-kering-diklaim-dapat-menyembuhkan-infeksi-varian-omicron-cek-dulu-faktanya
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 


 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif