Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook
Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook

[Cek Fakta] Beredar Video Salat Berjemaah saat Piala Dunia 2022 di Qatar? Begini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta Salat Piala Dunia 2022 hoax kabar hoaks
Wanda Indana • 30 November 2022 20:25
Beredar sebuah video yang memperlihatkan sejumlah orang melaksanakan ibadah salat berjemaah di sebuah lapangan sepak bola. Video ini beredar di media sosial.
 
Akun Facebook ini membagikan video tersebut pada Selasa, 22 November 2022. Pada unggahannya, akun itu menyertakan narasi sebagai berikut:
 
"Adzan dan shalat berjamaah bergema di Piala Dunia 2022 ????"

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Benarkah? [Cek Fakta] Beredar Video Salat Berjemaah saat Piala Dunia 2022 di Qatar? Begini Faktanya
 
Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim pada video yang beredar memperlihatkan sejumlah orang melaksanakan ibadah salat berjemaah di sebuah lapangan sepak pada gelaran Piala Dunia Qatar adalah salah. Faktanya, bukan di Qatar, melainkan di Rusia.
 
Melalui reverse image, video serupa diunggah kanal YouTube The Message of Islam pada 10 Juni 2019. Pada keterangan video, kanal tersebut memberikan keterangan bahwa salat berjemaah pada video dilakukan di Stadion Kazan, Rusia.
 
Kanal YouTube Alif TV juga mengunggah video identik pada 26 September 2016. Pada kolom deskripsi video idijelaskan video itu diambil saat acara buka puasa bersama Partai Republik ke-4. Acara itu dihadiri sejumlah duta besar negara-negara Islam dan perwakilan pimpinan Tatarstan.
 
Acara buka puasa itu dilaksanakan pada Juni 2016 di stadion Kazan di Rusia. Jadi, video itu tidak ada kaitannya dengan perhelatan Piala Dunia 2022 di Qatar.
 
Kesimpulan:
Klaim pada video yang beredar memperlihatkan sejumlah orang melaksanakan ibadah salat berjemaah di sebuah lapangan sepak pada gelaran Piala Dunia Qatar adalah salah. Faktanya, bukan di Qatar, melainkan di Rusia.
 
Informasi ini jenis hoaks false context (konteks keliru). False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.
 
[Cek Fakta] Beredar Video Salat Berjemaah saat Piala Dunia 2022 di Qatar? Begini Faktanya
 
Referensi:
https://www.youtube.com/watch?v=d-4NOESRXng&t=114s
https://www.youtube.com/watch?v=HRUJNmFTh24
 
*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 

 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif