Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook
Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] KPK Segel Rumah Prabowo Subianto? Cek Dulu Faktanya

Medcom Files Cek Fakta hoax kabar hoaks Prabowo Subianto KPK
Wanda Indana • 16 September 2022 17:04
Beredar unggahan sebuah video yang menarasikan bahwa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyegel rumah milik Prabowo Subianto. Video ini beredar di beberapa platform media sosial.
 
Akun Facebook ini turut membagikan video ini pada Minggu, 11 September 2022.Pada video itu, terdapat beberapa klip yang memperlihatkan sejumlah petugasKPK menyegel sebuah rumah dan mengamankan sejumlah uang. Berikut judul pada video yang beredar:
 
"Berita Terbaru ~Detik Detik KPK Segel Rumah Milik PRABOWO SUBIANTO ~Agenda Politik"

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Benarkah? Berikut cek faktanya. [Cek Fakta] KPK Segel Rumah Prabowo Subianto? Cek Dulu Faktanya
 
Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim pada video bahwa KPK menyegel rumah Prabowo Subianto adalah salah. Faktanya, bukan milik Prabowo Subianto, KPK menyegel rumah stafsus Edhy Prabowo, benama Andreau.
 
Setelah disimak, video berdurasi 8 menit 2 detik itu sama sekali tidak membahas penyegelan rumah milik Prabowo Subianto. Penggalan video tersebut salah satunya diambil dariakun YouTube KOMPASTV berjudul "KPK Sita Rumah Mewah Mantan Stafsus Edhy Prabowo di Kompleks Elite Bekasi".
 
Video yang diunggah akun YouTube KOMPASTV merupakan proses penyitaan yang dilakukan tim KPK pada kasus yang menyeret nama Andreau, staf khusus Edhy Prabowo, pada Maret 2021. Rumah milik Andreau yang disita KPK berada di kompleks perumahan elite di Cikarang Pusat, Bekasi.
 
Sementara itu, cuplikan video petugas KPK yang mengamankan tumpukan uang pecahan seratus ribu berasal dari tayangan akun YouTube tvOne. Juga tidak ada kaitannya dengan Prabowo Subianto.
 
Diwartakan Medcom.di, Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri mengatakan, penyitaan tersebut terkait dengan penyidikan kasus dugaan suap perizinan ekspor benih lobster (benur) di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).
 
“Penyidik KPK melakukan penyitaan satu unit rumah yang diduga milik tersangka AMP yang terletak di Perumahan Pasadena Blok A No. 16 Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat,” kata Ali pada Jumat, 12 Maret 2021.
 
Kesimpulan:
Klaim pada video bahwa KPK menyegel rumah Prabowo Subianto adalah salah. Faktanya,bukan milik Prabowo Subianto, KPK menyegel rumah stafsus Edhy Prabowo, benama Andreau.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenis misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
 
Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.
 
[Cek Fakta] KPK Segel Rumah Prabowo Subianto? Cek Dulu Faktanya
 
Referensi:
https://www.youtube.com/watch?v=EpdjV7ZXVVA
https://www.youtube.com/watch?v=IAbVgrEptR4
 
*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 

 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif