NEWSTICKER
Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial (Facebook).
Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial (Facebook).

[Cek Fakta]

[Cek Fakta] Anies Baswedan Dinobatkan sebagai Gubernur Terbaik di Dunia? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
Wanda Indana • 21 Januari 2020 17:17
Tersiar kabar bahwa Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dinobatkan sebagai gubernur terbaik di dunia. Kabar itu menyebar di media sosial, terutama Facebook.
 
Akun Facebook Almukor Robin membagikan kabar tersebut dengan mengunggah sebuah foto yang memperlihatkan Anies sedang melakukan sesi foto bersama pejabat dunia lainnya. Pada foto, terdapat narasi bertuliskan:
 
"DR. Anies Rasyid Baswedan dinobatkan mnjadi Gubernur terbaik dunia. Rakyat Indonesia patut bangga masih ada figur pemimpin terbaik di Indonesia".

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Pula, pemilik akun nenambahkan keterangan foto bertuliskan: "Dikelilingi oleh para pemimpin terbaik dunia, pak Anis biasa2 aja mendapatkan prestasi demi prestasi, diam namun berkarya, klo yg lain itu banyak bacot aja, kerja nol besar.....".
 

[Cek Fakta] Anies Baswedan Dinobatkan sebagai Gubernur Terbaik di Dunia? Ini Faktanya
 

Penelusuran:
Tim Cek Fakta Medcom.id menelusuri sumber asli daripada foto yang dibagikan akun Almukor Robin. Melalui teknik reverse image, ditemukan foto identik di beberapa situs.
 
Hasilnya, pada Sabtu 13 Juli 2019, SINDOnews.com menurunkan foto yang sama melalui artikel berjudul "Hebat..! Masuk 74 Pemimpin Kota Terpilih, Wali Kota Fasha Hadiri World Cities Summit 2019". Artikel ini menjelaskan bahwa Wali Kota Jambi Syarif Fasha termasuk dalam 74 pemimpin kota terpilih yang diundang dalam pertemuanWorld Cities Summit Mayors Forum (WCSMF) 2019 yang berlangsung di Medellin, Kolombia, dari tanggal 10 hingga 14 Juli 2019.
 
Kabag Humas Kota Jambi, Abu Bakar mengatakan, Wali Kota Jambi Syarif Fasha selain akan mengikuti diskusi tentang permasalahan penataan kawasan perkotaan, climate change dan isu global lainnya juga akan melakukan pertemuan bilateral dengan para pemimpin kota dunia lainnya.
 
"Wali Kota Jambi akan turut hadir dalam high-level event, dalam acara itu akan dibahas best practice tentang penataan kawasan-kawasan perkotaan, kawasan kumuh yang diubah menjadi kawasan ekowisata dan kawasan terpadu. Selain itu, Wali Kota Jambi juga direncanakan akan melakukan pertemuan bilateral dengan para Wali Kota dunia lainnya," terang Abu Bakar.
 

[Cek Fakta] Anies Baswedan Dinobatkan sebagai Gubernur Terbaik di Dunia? Ini Faktanya
 

Foto identik dengan angle berbeda juga pernah dimuat bontangpost.id pada Rabu, 24 Juli 2019, melalui artikel berjudul "Wali Kota Neni Diundang ke Kolombia, Dipilih karena Berkualitas, Satu-satunya dari Indonesia Timur". Di dalam artikel ini juga berisi tentang pertemuan pemimpin kota di dunia.
 

[Cek Fakta] Anies Baswedan Dinobatkan sebagai Gubernur Terbaik di Dunia? Ini Faktanya
 

Masih dikutip dari bontangpost.id, ada lima pemimpin kota di Indonesia yang diundang dalam forum tersebut. Yakni Surabaya, Jakarta, Jambi, Semarang, dan Bontang. Tak hanya Anies yang mewakili Indonesia.
 
World Cities Summit adalah rangkaian konferensi internasional tentang pemerintahan publik yang efektif dan pengembangan kota yang berkelanjutan. Pertemuan ini menyatukan praktisi dan pembuat kebijakan serta para ahli terkemuka di bidangnya agar dapat mengidentifikasi solusi inovatif untuk tantangan terberat yang dihadapi kota.
 
Peserta di WCSMF terdiri dari 74 wali kota dan gubernur terpilih, yang akan berbagi pandangan dan pengalaman mereka dalam menghadapi tantangan perkotaan dan membawa perbaikan dalam kondisi kehidupan perkotaan. Pada forum itu, tidak ada prosesi penobatan gubernur terbaik di dunia.
 
Sementara itu, seperti yang diwartakan CNBCIndonesia.commelalui artikel berjudul "Jadi Kota Terbaik di Dunia, Anies: Alhamdulillah!", Anies sempat membuat unggahan melalui akun resmi Facebook miliknya, bahwa Jakarta diakui sebagai satu dari tiga kota terbaik dunia pada Kamis 27 Juni 2019. Apresiasi ini diberikan untuk perbaikan sistem transportasi dan mobilitas kota.
 
Anies membeberkan, predikat ini diperoleh pada ajang Sustainable Transport Award yang tahun ini diselenggarakan di Forteleza, Brazil. Ini membuktikan Jakarta diakui sehingga mendapatkan pengakuan dari lembaga kredibel tingkat dunia, bukan lewat banyak-banyakan voting di media sosial.
 
Dalam ajang itu, Jakarta masuk ke posisi tiga besar bersama Pune (India), dan Kigali (Rwanda), setelah sebelumnya masuk posisi 15 besar dari 200 kota besar dunia.
 
Kata Anies, Jakarta berhasil mengalahkan kota-kota dunia seperti Kingston (Kanada), Richmond (Amerika Serikat), Bogota (Kolombia), dan banyak lainnya. Sustainable Transport Award (STA) adalah ajang penghargaan tahunan yang menilai perbaikan mobilitas kota dan inovasi sistem transportasi.
 
"Jakarta sukses meraih posisi tiga besar dalam Sustainable Transport Award atas konsep dan eksekusi integrasi antarmoda transportasi publik, peningkatan akses pejalan kaki menuju stasiun dan halte, serta keberhasilan meningkatkan jumlah penumpang TransJakarta sebanyak dua kali lipat dalam waktu dua tahun," ujar Anies.
 

[Cek Fakta] Anies Baswedan Dinobatkan sebagai Gubernur Terbaik di Dunia? Ini Faktanya
 

Kesimpulan:
Klaim pada foto bahwa Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dinobatkan sebagai gubernur terbaik di dunia adalah salah. Faktanya, Anies menajadi salah satu dari lima pemimpin kota di Indonesia yang diundang untuk memaparkan konsep pembangunan kota berkelanjutan pada forum World Cities Summit 2019di Kolombia.
 
Informasi tersebut masuk dalam kategori hoaks jenis false context (konteks keliru).
False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.
 

Referensi:
https://daerah.sindonews.com/read/1420046/174/hebat-masuk-74-pemimpin-kota-terpilih-wali-kota-fasha-hadiri-world-cities-summit-2019-1563026711
https://bontangpost.id/63653-dipilih-karena-berkualitas-satu-satunya-dari-indonesia-timur/
https://twitter.com/search?q=%23WCSMF&lang=ko
 

Sumber:
https://www.facebook.com/photo.php?fbid=222783622087821&set=gm.3036812886349005&type=3&theater&ifg=1
 

 

(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif