Tangkapan layar informasi yang beredar di WhatsApp
Tangkapan layar informasi yang beredar di WhatsApp

Fakta atau Hoaks

[Cek Fakta] Gereja Haramkan Vaksin? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta vaksin covid-19 Vaksinasi covid-19
M Rodhi Aulia • 20 Januari 2021 08:49
Beredar sebuah video dengan narasi bahwa gereja mengharamkan vaksin. Video dan narasi itu beredar di WhatsApp (WA), baru-baru ini.
 
Pada video berdurasi 10 menit 57 detik itu terdapat seseorang yang mengkhotbahkan terkait vaksinasi. Pengkhotbah itu menganjurkan penolakan terhadap vaksinasi.

"Orang-orang dari kedokteran, mereka sudah banyak menginformasikan. Bahwa ada kandungan-kandungan yang berbahaya yang akan membuat kematian manusia lebih cepat. Saat ini, saya menganjurkan, jangan pernah saudara itu mau divaksin," kata pengkhotbah tersebut.


 
[Cek Fakta] Gereja Haramkan Vaksin? Ini Faktanya

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 

Pengguna nomor WA yang turut membagikan video tersebut ikut membuat narasi. Ia menyatakan gereja mengharamkan vaksin dan membandingkannya dengan sikap Majelis Ulama Indonesia (MUI). Berikut narasi selengkapnya:

"Gereja Haramkan Vaksin kok MUI Halalkan?
Gereja saja menyerukan tolak umat kristiani menolak vaksin...
Sementara gerombolan ulama2 pendukung rezim mengatakan aman dan halal. Mereka tunduk dan manut saja ke rezim yg berkuasa...Waspadalah sayangi nyawa kita.."


 
[Cek Fakta] Gereja Haramkan Vaksin? Ini Faktanya
 

Penelusuran:
Dari penelusuran kami, klaim bahwa gereja mengharamkan vaksinasi, adalah salah. Faktanya organisasi yang menaungi banyak gereja resmi di Indonesia, justru mengimbau gereja dan jemaatnya mengikuti program vaksinasi.
 
Pertama, Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI). Dalam situs resmi mereka, PGI mengimbau gereja-gereja memberikan dukungan optimal terhadap pelaksanaan vaksinasi oleh pemerintah.

"Tentunya dukungan ini diberikan dengan tetap memperhatikan penerapan persyaratan minimal bagi upaya vaksinasi, termasuk batasan usia yang disyaratkan," tulis PGI dalam situs resminya, 5 Januari 2021.


 
[Cek Fakta] Gereja Haramkan Vaksin? Ini Faktanya
 

Kedua, Konferensi Waligereja Indonesia (KWI). Salah satu tokoh dari KWI, Romo Agustinus Heri Widodo juga meminta semua pihak mau menerima vaksin covid-19. Pasalnya, penerimaan terhadap vaksin sama dengan pembelaan terhadap negara.

"Karena kalau sehat negara sehat, kalau negara kuat, maka negara akan mampu menyejahterakan rakyat untuk kebahagiaan yang sebesar-besarnya,” ujar Romo Agustinus seperti dilansir Kompas.com, 14 Januari 2021.
 
“Untuk itu saudara-saudari persiapkanlah dirimu, sekali lagi jangan ragu, jangan takut, vaksin Covid-19 ini aman,” tambah Romo.


 
[Cek Fakta] Gereja Haramkan Vaksin? Ini Faktanya
 

Bahkan tokoh PGI dan KWI serta Ikatan Dokter Indonesia (IDI) ikut dalam vaksinasi perdana di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu 13 Januari 2021. Mereka adalah Ronal Tapilatu dari PGI, Agustinus Heri dari KWI dan Daeng M. Faqih dari IDI.
 

[Cek Fakta] Gereja Haramkan Vaksin? Ini Faktanya
 

Baca juga:
[Cek Fakta] Video Alfian Tanjung Sebut Pendeta dan Gereja Larang Vaksinasi? Ini Faktanya
 

Kesimpulan:
Klaim bahwa gereja mengharamkan vaksinasi, adalah salah. Faktanya organisasi yang menaungi banyak gereja resmi di Indonesia, justru mengimbau gereja dan jemaatnya mengikuti program vaksinasi.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenis misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
 
Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki
hubungan dengan konteks aslinya.
 

[Cek Fakta] Gereja Haramkan Vaksin? Ini Faktanya
 

Referensi:
https://pgi.or.id/imbauan-pastoral-pgi-terkait-vaksinasi/
https://nasional.kompas.com/berita/10410371-kwi-jangan-takut-dan-jangan-ragu-terima-vaksin-covid-19?page=all
https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/yKXD1eXK-video-alfian-tanjung-sebut-pendeta-dan-gereja-larang-vaksinasi-ini-faktanya
https://nasional.tempo.co/read/1422749/ini-daftar-tokoh-yang-disuntik-vaksin-covid-19-perdana-bareng-jokowi
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel [email protected] atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 

"Anda juga bisa bergabung di dalam Hoax Buster Medcom.id, sebuah komunitas yang fokus dalam misi memberantas hoaks. Ada sesuatu dari tim kami untuk kamu yang aktif dalam misi ini. Cara pendaftarannya mudah, tinggal klik link berikut ini: https://bit.ly/2H42ayb"
 

 
(DHI)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif