Tangkapan layar pemberitaan palsu melalui media sosial. Foto: Facebook
Tangkapan layar pemberitaan palsu melalui media sosial. Foto: Facebook

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Link Formulir Online Pendaftaran Kartu Indonesia Pintar Hoaks, Ini Cek Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
Wanda Indana • 24 Agustus 2020 12:45
Beredar sebuah link (pranala) yang diklaim sebagai jalur resmi pendaftaran program Kartu Indonesia Pintar (KIP). Pranala itu beredar melalui media sosial.
 
Akun Facebook Riyan membagikan link itu pada Kamis, 20 Agustus 2020, ke sebuah grup Facebook yang memiliki 181 ribu anggota. Hingga saat ini, unggahan link tersebut sudah mendapat 112 respons warganet, 239 komentar, dan 50 kali dibagikan ulang.
 
Pula, pemilik akun menambahkan keterangan pada unggahannya, bertuliskan sebagai berikut:

"selamat malam..
bagi yg punya putra putri
SD
SMP
SMA/K
ingin mengajukan program Indonesia Pintar / Kartu Indonesia Pintar, silakan mengisi link dibawah ini. Ditunggu sampai tanggal 25 Agustus 2020. Tks"


[Cek Fakta] Link Formulir <i>Online</i> Pendaftaran Kartu Indonesia Pintar Hoaks, Ini Cek Faktanya

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 

Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim adanya link formulir pendaftaran program Kartu Indonesia Pintar (KIP) yang diunggah akun Facebook Riyan adalah salah. Pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah membantah informasi tersebut. Melalui pencarian dengan kata kunci "link Pendaftaran Kartu Indonesia Pintar", mengarahkan pada artikel laporan hoaks Kominfo berjudul "[HOAKS] Formulir Online Pendaftaran Kartu Indonesia Pintar" dimuat pada 23 Agustus 2020. Pada artikel itu dijelaskan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI melalui unggahan instastory pada akun Instagram resmi @kemdikbud.ri, Minggu, 23 Agustus 2020, membantah informasi yang beredar terkait adanya link formulir daring yang beredar di media sosial Facebook .
 
Kemendikbud dalam unggahannya juga mengingatkan agar masyarakat berhati-hati terhadap formulir penipuan yang meminta data siswa tersebut.
 

[Cek Fakta] Link Formulir <i>Online</i> Pendaftaran Kartu Indonesia Pintar Hoaks, Ini Cek Faktanya
 

 
Kesimpulan:
Klaim adanya link formulir pendaftaran program Kartu Indonesia Pintar (KIP) yang diunggah akun FacebookRiyanadalah salah. Pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah membantah informasi tersebut.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenis fabricated content (konten palsu). Fabricated content terbilang menjadi jenis konten palsu yang paling berbahaya. Konten ini dibentuk dengan kandungan 100% tidak bisa dipertanggung-jawabkan secara fakta. Biasanya, fabricated content berupa informasi lowongan kerja palsu dan lain-lain.
 

[Cek Fakta] Link Formulir <i>Online</i> Pendaftaran Kartu Indonesia Pintar Hoaks, Ini Cek Faktanya
 

Referensi:
https://kominfo.go.id/content/detail/28852/hoaks-formulir-online-pendaftaran-kartu-indonesia-pintar/0/laporan_isu_hoaks
https://www.instagram.com/stories/kemdikbud.ri/2381370497115160426/?utm_source=ig_story_item_share&igshid=12rug8qosghdq
https://archive.md/VkQf2
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 


 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif