Tangkapan layar unggahan hoaks di media sosial
Tangkapan layar unggahan hoaks di media sosial

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Beredar Video Lesti Kejora Dilantik Menjadi Bupati Cianjur? Ternyata Begini Faktanya

Medcom Files hoax Cek Fakta kabar hoaks Lesti Kejora
Wanda Indana • 21 Oktober 2021 17:38
Beredar kabar yang menyebut artis penyanyi dangdut Lesti Kejora dilantik sebagai Bupati Cianjur. Kabar ini banyak beredar di media sosial.
 
Akun Facebook Adm-bang Vicky Tamvan'z turut membagikan kabar ini pada Rabu, 6 Oktober 2021. Akun itu mengunggah video dari kanal YouTube berjudul "DALAM KEADAAN HAMIL TUA || LESTI KEJORA RESMI DILANTIK MENJADI BUPATI CIANJUR." Pada gambar thumbnail terdapat foto Lesty mengenakan pakaian dinas.

"Selamat atas terpilihnya, semoga dedek kedepan akan lebih baik, Doa yang terbaik bunda" tulis akun itu.


Benarkah demikian? Berikut cek faktanya.
 

[Cek Fakta] Beredar Video Lesti Kejora Dilantik Menjadi Bupati Cianjur? Ternyata Begini Faktanya

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 

Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim bahwa penyanyi dangdut Lesti Kejora dilantik sebagai Bupati Cianjur adalah salah. Faktanya, thumbnail video tersebut telah diedit. Melalui reverse image, foto thumbnail Lesti pada video yang beredar tersbeut sebenarnya adalah gambar Tri Yuli Setyowati, Wakil Bupati Blora masa jabatan 2021-2026. Foto aslinya yang berasal dari situs Kabupaten Blora blorakab.go.id melalui artikel berjudul "Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Blora Berjalan Khidmat" dimuat pada 26 Februari 2021.
 
Dalam artikel itu berisi tentang Kabupaten Blora yang memiliki pemimpin resmi Arief Rohman, dan Tri Yuli Setyowati, sebagai pasangan Bupati dan Wakil Bupati Blora masa jabatan 2021-2026 setelah menunggu selama lebih kurang dua bulan pasca pelaksanaan Pemilhan Kepala Daerah (Pilkada) 9 Desember 2020.
 
Mas Arief dan Mbak Yuli, sapaan Arief Rohman dan Tri Yuli Setyowati dilantik Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, mewakili Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian pada Jumat 26 Februari 2021.
 
Upacara pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Blora Masa Jabatan 2021-2026 serta pelantikan Ketua Tim Penggerak PKK dan Ketua Dekranasda Kabupaten Blora bersama 17 Bupati/ Wakil Bupati dan Walikota/Wakil Walikota se provinsi Jawa Tengah dilaksanakan dari gedung Gradhika Bakti Praja Provinsi Jawa Tengah secara virtual.
Sedangkan untuk kabupaten Blora dilaksanakan di pendopo rumah dinas Bupati Blora.
 

[Cek Fakta] Beredar Video Lesti Kejora Dilantik Menjadi Bupati Cianjur? Ternyata Begini Faktanya
 

Kesimpulan:
Klaim bahwa penyanyi dangdut Lesti Kejora dilantik sebagai Bupati Cianjur adalah salah. Faktanya, thumbnail video tersebut telah diedit.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenis manipulated content (konten manipulasi). Manipulated content atau konten manipulasi biasanya berisi hasil editan dari informasi yang pernah diterbitkan media-media besar dan kredibel. Gampangnya, konten jenis ini dibentuk dengan cara mengedit konten yang sudah ada dengan tujuan untuk mengecoh publik.
 

[Cek Fakta] Beredar Video Lesti Kejora Dilantik Menjadi Bupati Cianjur? Ternyata Begini Faktanya
 

Referensi:
https://www.blorakab.go.id/index.php/public/berita/detail/2718/pelantikan-bupati-dan-wakil-bupati-blora-berjalan-khidmat
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 


 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif