Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook
Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Beredar Dokumen Anies Tandatangani Kontrak untuk Pimpin Jakarta dengan Syariat Islam? Cek Dulu Faktanya

Medcom Files Cek Fakta syariat islam Anies Baswedan hoax kabar hoaks
Wanda Indana • 25 Juni 2022 14:03
Beredar sebuah foto yang memperlihakan sebuah dokumen kontrak yang menyatakan kesediaanmemimpin Jakarta dengan syariat Islam. Terlihat pada gambar, ada tanda tangan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Menteri Pariwisata Sandiaga Uno.
 
Akun Twitter ini mengunggah foto tersebut . Pada unggahan fotonya, terdapat narasi sebagai berikut:
 
"Anies sbg gubernur DKI Jakarta tidak bekerja untuk kepentingan pemerintah NKRI, tetapi bekerja untuk kepentingan partai politik dan organesasi trans nasional berbasis doktrin ajaran Islam Wahabi sbg pendukungnya untuk kacaukan NKRI.”

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Benarkah? Berikut cek faktanya. [Cek Fakta] Beredar Dokumen Anies Tandatangani Kontrak untuk Pimpin Jakarta dengan Syariat Islam? Cek Dulu Faktanya
 
Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim pada gambar yang beredar bahwa Anies menandatangani dokumen kontrak untuk bersediamemimpin DKI Jakarta dengan syariat Islam adalah salah. Faktanya, ini adalah hoaks lama yang kembali beredar.
 
DilansirDetikNews, Anies sendiri telah menegaskan bahwa tanda tangan yang tercantum pada kontrak bukan miliknya. Hoaks itu pertama kali muncul saat Anies maju sebagai calon gubernur berpasangan dengan Sandiaga Salahuddin Uno. Surat atau akad kontrak berjudul Akad Kontrak - Akad Al Ittifaq itu dipastikan tidak benar alias palsu.
 
"Ini Fitnah lagi, setelah fitnah-fitnah sebelumnya. Tanda tangan saya tidak seperti itu," kata Anies kepada wartawan Minggu, 19 Maret 2017.
 
Pula, dikutipdari Turnbackhoax.id,foto tersebut sudah beredar sejak masa kampanye Pilkada DKI tahun 2017.Narasi serupa juga telah beredar pada masa kampanye Pilkada tahun 2017, tahun 2020, dan tahun 2021.
 
Kesimpulan:
Klaim pada gambar yang beredar bahwa Anies menandatangani dokumen kontrak untuk bersediamemimpin DKI Jakarta dengan syariat Islam adalah salah. Faktanya, ini adalah hoaks lama yang kembali beredar.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenis fabricated content (konten palsu). Fabricated content terbilang menjadi jenis konten palsu yang paling berbahaya. Konten ini dibentuk dengan kandungan 100% tidak bisa dipertanggung-jawabkan secara fakta. Biasanya, fabricated content berupa informasi lowongan kerja palsu dan lain-lain.
 
[Cek Fakta] Beredar Dokumen Anies Tandatangani Kontrak untuk Pimpin Jakarta dengan Syariat Islam? Cek Dulu Faktanya
 
Referensi:
https://news.detik.com/berita/d-3450723/beredar-kontrak-palsu-syariat-islam-anies-sandi-itu-fitnah-lagi
https://turnbackhoax.id/2017/03/30/hoax-kontrak-politik-anies-baswedan-untuk-pimpin-jakarta-dengan-nilai-syariat-islam/
 
*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016

 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif