Tangkapan layar unggahan hoaks di media sosial
Tangkapan layar unggahan hoaks di media sosial

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Nama Ibu Kota Nusantara Diambil dari Nama Tokoh Komunis DN Aidit? Ini Faktanya

Medcom Files nusantara komunisme hoax Ibu Kota Baru Cek Fakta kabar hoaks
Wanda Indana • 01 Februari 2022 14:20
Pemilihan Nusantara sebagai nama ibu kota baru disebut berasal dari nama lengkap tokoh komunis Indonesia DN Aidit. Klaim itu beredar di media sosial.
 
Akun Twitter Prangbakat(@HbHendro) memnagikan klaim tersebut pada 19 Januari 2022. Disebutkan, nama Nusantara dipilih untuk menghormati tokoh tersebut.
 
Berikut narasi cuitannya:

"Nusantara,mngandung nilai historis,sebab
diambil dari nama DN Aidit ,Dipa Nusantara Aidit.Sbg penghormatan kpd Pemimpin Besar Komunis Indonesia,penggagas IKN pd th1955."


Benarkah? Berikut cek faktanya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 

[Cek Fakta] Nama Ibu Kota Nusantara Diambil dari Nama Tokoh Komunis DN Aidit? Ini Faktanya
Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim bahwa pemilihan Nusantara sebagai nama ibu kota baru berasal dari nama lengkap DN Aidit yaitu Dipa Nusantara Aidit, serta sebagai bentuk penghormatan kepada tokoh tersebut adalah salah. Faktanya, nama Nusantara terpilih berdasarkan hasil konsultasi dan diskusi dengan ahli bahasa hingga ahli sejarah.
 
Dilansir Detik.com, Kepala Bappenas Suharso Monoarfa menyebut ada 80 usulan nama ibu kota sebelum akhirnya terpilih nama Nusantara.
Nama ibu kota baru dengan nama Nusantara ini disebut telah disepakati oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Alasan terpilihnya nama Nusantara sebagai ibu kota negara (IKN) karena menggambarkan Republik Indonesia.
 
Hal tersebut dijelaskan lantaran nama tersebut sudah dikenal sejak dulu dan ikonik secara internasional. Selain itu, nama Nusantara mudah menggambarkan Republik Indonesia.

"Alasannya adalah Nusantara sudah dikenal sejak dulu dan ikonik di Internasional, mudah dan menggambarkan kenusantaraan kita semua Republik Indonesia dan saya kira kita semua setuju dengan istilah Nusantara itu," jelasSuharso.


Terpilihnya nama Nusantara merupakan hasil konsultasi dengan ahli bahasa hingga ahli sejarah. Dia menyebut pemilihan kata yang tepat untuk nama ibu kota negara berdasarkan hasil diskusi dengan para ahli tersebut.
 
"Sebenarnya nama yang kami ajukan kepada Bapak Presiden cukup banyak, termasuk kami panggil ahli bahasa, ahli sejarah, mereka yang punya otoritas untuk berikan knowledge kepada kami, para pakar untuk pilih kata-kata paling tepat," kata Suharso.
 

Kesimpulan:
Klaim bahwa pemilihan Nusantara sebagai nama ibu kota baru berasal dari nama lengkap DN Aidit yaitu Dipa Nusantara Aidit, serta sebagai bentuk penghormatan kepada tokoh tersebut adalah salah. Faktanya, nama Nusantara terpilih berdasarkan hasil konsultasi dan diskusi dengan ahli bahasa hingga ahli sejarah.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenis misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
 
Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.
 

[Cek Fakta] Nama Ibu Kota Nusantara Diambil dari Nama Tokoh Komunis DN Aidit? Ini Faktanya
 

Referensi:
https://news.detik.com/berita/d-5901985/nama-ibu-kota-baru-diumumkan-nusantara-ini-fakta-faktanya
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 


 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif