Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Youtube
Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Youtube

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Video Aparat Tembak Mati Mahasiswa pada Demo 11 April 2022? Cek Faktanya

Medcom Files hoax Cek Fakta kabar hoaks Demonstrasi
Wanda Indana • 29 April 2022 19:35
Beredar sebuah video yang judulnya menarasikanadanya korban jiwa dari para mahasiswa yang berdemo juga masyarakat yang ditembaki aparat kepolisian pada demonstrasi 11 April 2022. Video ini beredar di YouTube.
 
KanalLIDAH RAKYAT membagikan video itu pada 11 April 2022. Pada thumbnail video terdapat narasi sebagai berikut:
 
"TRAGEDI 11 APRIL 2022 !!
RATUSAN NYAWA MELAYANG
RIBUAN MAHASISWA BERLARIAN DITEMBAKI HINGGA MATI"

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Narasi pada judul: "Tragedi Mengerikan~ Ratusan Nyawa Tergeletak !! Ribuan Massa Berhamburan Ditembaki Hingga Mat1 !! Viral"
 

[Cek Fakta] Video Aparat Tembak Mati Mahasiswa pada Demo 11 April 2022? Cek Faktanya
 

Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim pada video yang beredar bahwa adanyakorban jiwa dari para mahasiswa yang berdemo dan masyarakat ditembaki aparat pada demonstrasi 11 April 2022 adalah salah. Faktanya, isi dengan judul video tidak sinkron.
 
Setelah disimak, video berdurasi 8 menit 13 detik tersebutsama sekali tidak membahas bahwa adanya korban jiwa dari para mahasiswa yang berdemo, juga massa yang ditembaki oleh aparat. Melainkan, membahas mengenai aksi demo mahasiswa pada 11 April lalu didukung oleh para aktivis 98.
 
Menurut para aktivis 98, periode pemerintahan Jokowi tidak andal dalam menangani permasalahan rakyat. Narasi yang sama persis dapat ditemukan di website djawanews.com pada artikel berjudul “Jim Lomen: Demo 11 April Mirip Gerakan 98 yang Berangkat dari Penderitaan Rakyat”.
 
Video itu juga membahas opini politikus yang menilai aksi demo untuk memprotes rencana 3 periode tidak tepat sasaran, karena bukan Jokowi yang mengeluarkan wacana tersebut. Narasi ini berasal dari artikel poskota.co.id berjudul “Jokowi Didemo Mahasiswa, Adian Teriak: Kemana Menteri dan Ketua Partai yang Melempar Wacana Perpanjangan Masa Jabatan Presiden”.
 
Hingga saat ini, belum ada laporan adanya korban jiwa dari pihak mahasiswa yang berdemo di tanggal 11 April lalu. Namun dari pihak kepolisian ada yang terluka berat akibat bentrok dengan massa. Kemudian pihak lain yang terluka adalah aktivis sosial, Ade Armando, yang sempat viral beberapa waktu lalu.
 

Kesimpulan:
Klaim pada video yang beredar bahwa adanyakorban jiwa dari para mahasiswa yang berdemo dan masyarakat ditembaki aparat pada demonstrasi 11 April 2022 adalah salah. Faktanya, isi dengan judul video tidak sinkron.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenis misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
 
Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.
 

[Cek Fakta] Video Aparat Tembak Mati Mahasiswa pada Demo 11 April 2022? Cek Faktanya
 

Referensi:
-https://djawanews.com/berita-hari-ini/jim-lomen-demo-11-april-mirip-gerakan-98-yang-berangkat-dari-penderitaan-rakyat-32946
-https://poskota.co.id/2022/04/10/jokowi-didemo-mahasiswa-adian-teriak-kemana-menteri-dan-ketua-partai-yang-melempar-wacana-perpanjangan-masa-jabatan-presiden/amp
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 
Kami saat ini mengadakan survei/kuesionerbertujuan memahami perilaku dan preferensi audiens terkait konten cek fakta dari media/pers di Indonesia. Anda bisa mengisi survei melalui tautan link di bawah ini. Data Anda akan dijamin kerahasiaannya dan hanya akan digunakan guna keperluan penelitian.
 
Link survei:https://tinyurl.com/survei-audiens-cekfakta

 

 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif