Tangkapan layar pemberitaan palsu melalui media sosial. Foto: Facebook
Tangkapan layar pemberitaan palsu melalui media sosial. Foto: Facebook

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Video TKA Tiongkok Tertangkap Masuk Bandara Banyuwangi? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
Wanda Indana • 28 Mei 2020 18:56
Video yang diklaim memperlihatkan seorang tenaga kerja asing (TKA) asal Tiongkok beredar di media sosial. Pada video itu terlihat pria berbaju orange terbaring di atas jalan sambil terus meracau.
 
Akun Facebook Lowo Ijo turut membagikan video berdurasi 1 menit 41 detik itu pada Selasa, 26 Mei 2020. Pemilik akun memberikan keterangan pada video tersebut bertuliskan:
 
"Cina RRC menyusup masuk melalui Bandara Banyuwangi. Ketahuan dan ditangkap."

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 

[Cek Fakta] Video TKA Tiongkok Tertangkap Masuk Bandara Banyuwangi? Ini Faktanya
Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim pada video bahwa seorang TKA Tiongkok masuk ke Indonesia dan ditangkap di Bandara Banyuwangi adalah salah. Faktanya, pria tersebut adalah warga Tiongkok yang hendak dipulangkan ke negara asalnya karena kontrak kerjanya telah habis.
 
Penelusuran video di mesin pencari dengan kata kunci "TKA Tiongkok masuk Bandara Banyuwangi" mengarahkan kami pada sebuah video yang diunggah kanal Youtube tvOneNews berjudul "Bikin Repot Petugas, Cui Changqing TKA Asal China Tuntut Perusahaan Ogah Dipulangkan".
 
Kanal Youtube tvOneNews mengunggah video identik pada Selasa, 26 Mei 2020. Pada video itu dijelaskan bahwa seorang tka yang mengamuk di Bandara Banyuwangi bernama Cui Changqing. Cui menolak saat dipulangkan ke negara asalnya.
 
Petugas kesulitan bernegosiasi karena terkendala bahasa. Butuh waktu 6 jam untuk negosiasi dengan TKA yang mengamuk itu. Cui terus bersembunyi di kolong bus yang mengangkut ratusan TKA yang bekerja di Jember.
 

[Cek Fakta] Video TKA Tiongkok Tertangkap Masuk Bandara Banyuwangi? Ini Faktanya
 

Kesimpulan:
Klaim pada video bahwa seorang TKA Tiongkok masuk ke Indonesia dan ditangkap di Bandara Banyuwangi adalah salah. Faktanya, pria tersebut adalah warga Tiongkok yang hendak dipulangkan ke negara asalnya karena kontrak kerjanya telah habis.
 
Informasi tersebut masuk dalam kategori hoaks jenis false context (konteks keliru). False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.
 

Referensi:
https://www.youtube.com/watch?v=4P_aG-tCeO0
 

*Jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks dan memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta dapat melaporkan kepada kami melalui surel cekfakta@medcom.id
 

 

(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif