Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook
Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Beredar Video Jenis Permen-Permen Mengandung Narkoba? Begini Faktanya

Medcom Files narkoba hoax Cek Fakta kabar hoaks
Wanda Indana • 16 April 2022 09:52
Beredar sebuah video yang menarasikan adanya jajanan permen mengandung narkoba. Video itu beredar di sejumlah platform media sosial.
 
Akun Facebbok Karti Hanifah ikut membagikan video tersebut pada Jumat, 18 Maret 2022. Pada unggahan videomenampilkan gambar permen dot dengan keterangan di dalam gambar “Permen Narkoba terbaru Beredar di Sekitar Kita, Ini Ciri-cirinya – Tolong Sebarkan sebanyak banyak Nya.
 
"hati2 permen narkoba jeh" tulis akunKarti Hanifah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Benarkarh? Berikut cek faktanya.
[Cek Fakta] Beredar Video Jenis Permen-Permen Mengandung Narkoba? Begini Faktanya
 

Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim pada video yang beredar memperlihatkan jenis permen-permen mengandung narkoba adalah salah. Faktanya, informasi ini adalah hoaks yang kembali beredar.
 
Dikutip dariliputan6.compada artikel berjudul “BNN: Permen Dot Negatif Narkoba” dimuat 16 Maret 2017, Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) saat itu, Budi Waseso, saat itu, menjelaskan permen dot negatif dari bahan yang mengandung narkotika. Peredaran permen tersebut sebelumnya dikhawatirkan karena diduga mengandung narkoba.
 
Pula, BPOM sudah menguji permen tersebut tidak hanya di satu kota, namun di seluruh wilayah tersebarnya permen tersebut. Kepala BPOM RI, Penny Kusumastuti Lukito menyatakan bahwa permen bermerk Pinguin Brand itu tidak mengandung narkotika.
 
Hal itu diketahui dari unggahan video di kanal YouTubeCNN Indonesia berjudul “BPOM: Permen DOT Tidak Mengandung Narkoba” yang diunggah pada 10 Maret 2017.
 
Kemudia, permen jenis lainnya yang terlihat dalam video juga tidak mengandung narkoba. Salah satunya, permen dengan merk SUSU. Klaim serupa juga pernah diulas tim Cek Fakta Medcom.id. Ulasannya dapat di baca di sini.
 

Kesimpulan:
Klaim pada video yang beredar memperlihatkanpermen dot mengandung narkoba adalah salah. Faktanya, informasi ini sudah dibantah pihak BNN.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenis misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
 
Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.
 

[Cek Fakta] Beredar Video Jenis Permen-Permen Mengandung Narkoba? Begini Faktanya
 

Referensi:
https://www.liputan6.com/news/read/2888443/bnn-permen-dot-negatif-narkoba
https://youtu.be/CbIsIR1JhLw
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 
Kami saat ini mengadakan survei/kuesionerbertujuan memahami perilaku dan preferensi audiens terkait konten cek fakta dari media/pers di Indonesia. Anda bisa mengisi survei melalui tautan link di bawah ini. Data Anda akan dijamin kerahasiaannya dan hanya akan digunakan guna keperluan penelitian.
 
Link survei:https://tinyurl.com/survei-audiens-cekfakta

 

 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif