Tangkapan layar klarifikasi pihak universitas brawijaya. Foto: Twitter
Tangkapan layar klarifikasi pihak universitas brawijaya. Foto: Twitter

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Foto Jenazah Kim Jong Un Beredar, Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
Wanda Indana • 27 April 2020 17:16
Beredar foto yang diklaim memperlihatkan jenazah pemimpim Korea Utara Kim Jong Un. Foto itu disebut trending di Twitter dengan tagar #Kimjongundead.
 
Akun Twitter @mas__piyuuu membagikan foto tersebut pada Minggu, 26 April 2020. Pemilik akun menyertakan narasi dan link artikel pada foto tersebut, sebagai berikut:
 
"Kim Jong-un Meninggal Dunia Jadi Trending Twitter https://bit.ly/2KAYAK8 #KIMJONGUNDEAD"

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 

[Cek Fakta] Foto Jenazah Kim Jong Un Beredar, Ini Faktanya
Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim pada foto bahwa pemimpin Korut Kim Jong Un meninggal adalah salah. Foto yang beredar adalah hasil suntingan.
 
Melalui reverse image, ditemukan foto identik di sejumlah media luar negeri. Situs independent.co.uk mengunggah foto identik melalui artikel berjudul "China reaches out to 'Great Successor' by pledging support" pada Rabu, 21 Desember 2011. Artikel itu memuat foto jenazah Kim Jong Il, ayah Kim Jong Un yang diletakkan di peti kaca.
 

[Cek Fakta] Foto Jenazah Kim Jong Un Beredar, Ini Faktanya
 

Foxnews.com juga mengunggah artikel yang memuat foto identik berjudul "North Korean Leader Kim Jong Il's Body Put on Display in Memorial Palace pada Selasa, 20 Desember 2011. Artikel itu menulis bahwa tubuh penguasa Korut Kim Jong Il di peti mati kaca yang dikelilingi bunga merah dan pewaris mudanya Kim Jong Un adalah salah satu yang pertama yang memberi hormat - sebuah indikasi kuat bahwa transisi kepemimpinan yang lancar sedang berlangsung.
 
Kim Jong Il adalah penguasan Korut sehak 1948 hingga 2011. Kepemimpinannya diteruskan oleh anaknya Kim Jong Un, yang belakangan dikabarkan meninggal dunia.
 

[Cek Fakta] Foto Jenazah Kim Jong Un Beredar, Ini Faktanya
 

Dilansir Medcom.id melalui artikel berjudul "Penasihat Presiden Korsel Tegaskan Kim Jong-un Masih Hidup dan Sehat", mengungkapkan seorang penasihat Presiden Korea Selatan (Korsel) untuk urusan luar negeri, Moon Chung-in menyatakan bahwa pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jing-un masih sehat. Namun tidak jelas keberadaan dari pemimpin Korut tersebut.
 
“Kecil kemungkinan mengenai kabar kematian Presiden Kim Jong-un saat ini,” ujar Moon Chung-in, seperti dikutip CNN, Senin, 27 April 2020.
 
“Kim saat ini ‘hidup dan sehat’. Untuk sementara dia menetap di wilayah Wonsan sejak 13 April. Tidak ada gerakan mencurigakan yang terdeteksi sejauh ini,” imbuh Moon.
 

[Cek Fakta] Foto Jenazah Kim Jong Un Beredar, Ini Faktanya
 

Kesimpulan:
Klaim pada foto bahwa pemimpin Korut Kim Jong Un meninggal adalah salah. Foto yang beredar adalah hasil suntingan.
 
Informasi tersebut masuk dalam kategori hoaks jenis manipulated content (konten manipulasi). Manipulated content atau konten manipulasi biasanya berisi hasil editan dari informasi yang pernah diterbitkan media-media besar dan kredibel. Gampangnya, konten jenis ini dibentuk dengan cara mengedit konten yang sudah ada dengan tujuan untuk mengecoh publik.
 

Referensi:
https://www.independent.co.uk/news/world/asia/china-reaches-out-to-great-successor-by-pledging-support-6279850.html?amp
https://www.foxnews.com/world/north-korean-leader-kim-jong-ils-body-put-on-display-in-memorial-palace
https://www.medcom.id/internasional/asia-pasifik/Dkq7XxZN-penasihat-presiden-korsel-tegaskan-kim-jong-un-masih-hidup-dan-sehat
 

*Jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks dan memilik sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta dapat melaporkan kepada kami melalui surel cekfakta@medcom.id.
 

 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif