Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook
Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Jokowi Tunjuk Ahok sebagai Menteri Perdagangan? Begini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta Jokowi ahok hoax kabar hoaks
Wanda Indana • 16 Juli 2022 09:37
Beredar sebuah video judulnya menarikan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok sebagai menteri perdagangan (mendag). Video ini beredar di media sosial.
 
Akun Facebook ini turut membagikan video tersebut pada Kamis, 14 Juli 2022. Video ini beredartidak lama setelah Jokowi mengumumkan perombakan Kabinet Indonesia Maju pada Rabu 15 Juni 2022.
 
Pada ?video memperlihatkan pendapat seseorang tentang sosok Ahok. Lalu, narator menjelaskan rekam jejak Ahok disertai rangkaian cuplikan video yang berbeda. Salah satunya, memperlihatkan cuplikan ketika Ahok berdiri di samping Jokowi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Berikut narasi pada judul: "viral ~ Jokowi tunjuk ahok menteri perdagang4n disingkirk4n dari istana,"
 
Benarkah? Berikut cek faktanya.
 
[Cek Fakta] Jokowi Tunjuk Ahok sebagai Menteri Perdagangan? Begini Faktanya
 
Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim pada video yang beredar bahwa Jokowi menunjuk Ahok sebagai Mendag adalah salah. Faktanya, Zulkifli Hasan yang menjadi mendag menggantikan Lutfi, bukan Ahok.
 
Setelah disimak, video berdurasi lebih dari 10 menit yang beredar tersebut tidak ada pernyataan bahwa Ahok ditunjuk sebagai Mendag. Melalui reverse image, video serupa diunggah kanal YouTube PEMPROV DKI JAKARTA pada 14 Mei 2014. Dalam deskripsi video dijelaskan, Jokowi dan Ahok sedang wawancara dengan wartawan terkait pengajuan surat cuti Gubernur untuk pencalonan presiden 2014 di kantor menteri dalam negeri. Video lama.
 
Belakangan, presiden memangmelakukan perombakan kabinet dan resmi mencopot Muhammad Lutfi dari jabatan mendag. Dikutip dari laman Sekretariat Kabinet, keputusan ini tertuang dalam Surat Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 64/P Tahun 2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju dalam sisa masa jabatan periode tahun 2019-2024. Surat keputusan tersebut menetapkan Zulkifli Hasan sebagai mendag, menggantikan Lutfi, bukan Ahok.
 
Kesimpulan:
Klaim pada video yang beredar bahwa Jokowi melantik Ahok sebagai Mendag adalah salah. Faktanya,Zulkifli Hasan yang menjadi mendag menggantikan Lutfi, bukan Ahok.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenis manipulated content (konten manipulasi). Manipulated content atau konten manipulasi biasanya berisi hasil editan dari informasi yang pernah diterbitkan media-media besar dan kredibel. Gampangnya, konten jenis ini dibentuk dengan cara mengedit konten yang sudah ada dengan tujuan untuk mengecoh publik.
 
[Cek Fakta] Jokowi Tunjuk Ahok sebagai Menteri Perdagangan? Begini Faktanya
 
Referensi:
https://setkab.go.id/presiden-lantik-menteri-dan-wamen-kabinet-indonesia-maju/
https://www.youtube.com/watch?v=En37g0LnakM
 
*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016

 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif