Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook
Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook

[Cek Fakta] Jenazah Brigadir J Disimpan di Belakang Rumah Ferdy Sambo? Cek Dulu Faktanya

Medcom Files Cek Fakta hoax kabar hoaks Brigadir J Ferdy Sambo Tersangka Sidang Ferdy Sambo
Wanda Indana • 29 November 2022 08:07
Beredar video yang mengulas kondisi jenazah Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J. Dalam video yang menyebar di media sosial itu disebutkan bahwa setelah dibunuh di rumah dinas Ferdy Sambo, jenazah Brigadir J ditemukan di belakang rumah tersebut.
 
Akun Facebook ini membagikan video tersebut pada Jumat, 25 November 2022. Pada unggahan videonya, akun itu menyertakan narasi sebagai berikut:
 
"59 Detik Suara Brigadir J Minta Tolong,Ternyata Jasad Brigadir J Disimpan Di Belakang Rumah Ferdy Sambo!!!"

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Benarkah? Berikut cek faktanya. [Cek Fakta] Jenazah Brigadir J Disimpan di Belakang Rumah Ferdy Sambo? Cek Dulu Faktanya
 
Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim pada video yang beredar bahwa jenazah Brigadir J ditemukan di belakang rumah Ferdy Sambo adalah salah. Faktanya, tidak ada bukti valid yang mendukung klaim tersebut.
 
Dikutip dari Medcom.id, salah seorang saksi bernama Syahrul memberikan keterangan di PN Jakarta Selatan, pada 7 November 2022 terkait jenazah Brigadir J yang tergeletak di dekat dapur bukan di belakang rumah.
 
Pada 8 Juli 2022, Syahrul mengaku mandapat perintah menjemput pasien sakit. Dia seorang sopir ambulan yang bekerja di PT Bintang Medika.
 
Ketika tiba di lokasi, ia lewat pintu belakang untuk masuk rumah, karena pintu depan terlalu ramai. Ia pun tidak menemukan pasien sakit yang dimaksud, melainkan tubuh manusia yang tergeletak di lantai dekat tangga rumah. Syahrul memeriksa nadi jenazah Brigadir J atas permintaan seorang polisi.
 
Mengetahui tidak ada nadi yang berdenyut, dia mengambil kantung jenazah mengevakuasi jenazah Brigadir J ke dalam mobil ambulans dibantu sejumlah anggota Polri di TKP. Setelah itu, ia mengantar janazah Brigadir J ke Rumah Sakit (RS) Polri dengan pengawalan kepolisian.
 
Dalam kesaksiannya, tidak ada keterangan bahwa jenazah Brigadir J disimpan di belakang rumah Ferdy Sambo seperti pada video yang beredar.
 
Kesimpulan:
Klaim pada video yang beredar bahwa jenazah Brigadir J ditemukan di belakang rumah Ferdy Sambo adalah salah. Faktanya, tidak ada bukti valid yang mendukung klaim tersebut.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenis manipulated content (konten manipulasi). Manipulated content atau konten manipulasi biasanya berisi hasil editan dari informasi yang pernah diterbitkan media-media besar dan kredibel. Gampangnya, konten jenis ini dibentuk dengan cara mengedit konten yang sudah ada dengan tujuan untuk mengecoh publik.
 
[Cek Fakta] Jenazah Brigadir J Disimpan di Belakang Rumah Ferdy Sambo? Cek Dulu Faktanya
 
Referensi:
https://www.medcom.id/nasional/peristiwa/nbwDn55k-sopir-ambulans-ungkap-kondisi-jenazah-brigadir-j-bermasker-hingga-darah-menetes
 
*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016

 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif