Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook
Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Polisi Sita Puluhan Tengkorak dari Ruang Rahasia Ferdy Sambo? Cek Faktanya

Medcom Files Cek Fakta Ferdy Sambo Tersangka Brigadir J hoax kabar hoaks
Wanda Indana • 17 September 2022 13:46
Beredar kabar di media sosial yang menyebut polisi menyita puluhan tengkorak dari ruang rahasia di rumah mantan Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Kadiv Propam) PolriFerdy Sambo. Disebutkan juga, ruangan itu digunakan untuk penyiksaan.
 
Kabar ini dikaitkan dengan kasus yang menjerat Sambo, yang ditetapkan sebagai tersangka pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J.
 
Akun Facebook turut membagikan kabar itu dengan mengunggah sebuah video yang memuat gambar thumbnail tengkorak. Berikut narasi judul pada video yang beredar:

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
"Ferdy Sambo H4nya Bisa P4sr4h, Puluhan T3ngk¤rΔknya Disit4 Polri!!!" Benarkah? Berikut cek faktanya.
 
[Cek Fakta] Polisi Sita Puluhan Tengkorak dari Ruang Rahasia Ferdy Sambo? Cek Faktanya
 
Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim pada video yang beredar bahwa polisi menyita puluhan tengkorak dari ruangan rahasia di rumah Ferdy Sambo adalah salah. Faktanya, video itu hasil suntingan.
 
Gambar tengkorak pada thumbnail video adalah gambar tengkorak di Gua Mekongga di Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara. Gambar yang sama dimuat Kompas.com pada artikel berjudul "Gua Tengkorak Kuburan Kedua Bangsawan Mekongga” dimuat pada 27 Mei 2013.
 
Dalam artikel itu, tim peneliti yang terdiri dari Balai Pelestarian Cagar Budaya dan Universitas Hasanuddin Makassar terus mengembangkan penelitian terhadap keberadaan ribuan tengkorak manusia di Gua Mekongga.
 
Arkeolog asal Universitas Negeri Makassar, Asmunandar mengatakan, tengkorak-tengkorak yang ada di dalam gua tersebut adalah saudagar/bangsawan atau kalangan orang berada dari suku Mekongga pada abad ke-14 silam, atau bisa juga keturunan dari para bangsawan tersebut. Asumsi ini bisa dikaitkan dengan temuan soronga (peti mati) dan benda-benda mewah pada zaman tersebut.
 
Tengkorak tersebut bukan ditemukan di rumah Sambo dan tidak ada kaitannya dengan kasus pembunuhan Brigadir J.
 
Kesimpulan:
Dari hasil penelusuran, klaim pada video yang beredar bahwa polisi menyita puluhan tengkorak dari ruangan rahasia di rumah Ferdy Sambo adalah salah. Faktanya, video hasil suntingan.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenis misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
 
Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.
 
[Cek Fakta] Polisi Sita Puluhan Tengkorak dari Ruang Rahasia Ferdy Sambo? Cek Faktanya
 
Referensi:
https://regional.kompas.com/berita/1843092-Goa.Penuh.Tengkorak.Itu.Adalah.Kuburan.Suku.Mekongga
 
*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016

 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif