Tangkapan layar unggahan hoaks di media sosial
Tangkapan layar unggahan hoaks di media sosial

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Beredar Foto Jadwal Peluncuran Varian Omicron dari WHO? Ini Faktanya

Medcom Files hoax Cek Fakta WHO Omicron Hoaks Covid-19
Wanda Indana • 25 Desember 2021 18:57

Beredar foto yang diklaim berisi jadwal perilisan varian Covid-19, termasuk varian baru Omicron. Foto itu beredar di media sosial.
 
Akun Facebook Andi Basri membagikan foto itu pada 28 November 2021. Pada unggahan fotonya, tercantum narasi bahwa foto jadwal varian covid-19 tersebut dikeluarkan John Hopkin University dan World Economic Forum dan WHO.
 
Akun itu juga menambahkan narasi sebagai berikut:

"Plan
Demi
#msh percaya?

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
[Cek Fakta] Beredar Foto Jadwal Peluncuran Varian Omicron dari WHO? Ini Faktanya
Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim yang pada foto yang beredar memeperlihatkanjadwal perilisan varian Covid-19 yang dikeluarkan WHO dan dan WEF adalah salah. Faktanya, informasi itu telah dibantah WHO dan WEF.


Dikutip dari Turnbackhoax.id, foto itu memperlihatkanperkiraan persebaran varian Covid-19 oleh peneliti. WHO dan WEF mengatakan bahwa dokumen tersebut tidak dikeluarkan oleh mereka.
 
Selain itu, nama-nama varian yang ada dalam foto tersebut merupakan hasil penelitian dari peneliti dalam memperkirakan metode persebaran mutasi virus Corona. Hal tersebut dilakukan agar bisa mengetahui bagaimana cara untuk menangani mutasi virus Corona.
 

Kesimpulan:
Klaim yang pada foto yang beredar memeperlihatkanjadwal perilisan varian Covid-19 yang dikeluarkan WHO dan dan WEF adalah salah. Faktanya, informasi itu telah dibantah WHO dan WEF.
 
Informasi ini jenis hoaks false context (konteks keliru). False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.
 

[Cek Fakta] Beredar Foto Jadwal Peluncuran Varian Omicron dari WHO? Ini Faktanya
 

 
Referensi:
-https://turnbackhoax.id/2021/12/25/salah-jadwal-kemunculan-varian-omicron/
-https://cekfakta.tempo.co/fakta/1581/keliru-tabel-jadwal-peluncuran-varian-omicron-dari-who-john-hopkin-university-dan-world-economic-forum
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 

 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif