Tangkapan layar informasi palsu di media sosial
Tangkapan layar informasi palsu di media sosial

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] PKI Cekik Leher Seorang Anggota Polri? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
M Rodhi Aulia • 11 Juni 2020 09:40
Beredar sebuah foto memperlihatkan seorang pria mencekik leher seorang anggota Polri. Foto itu beredar di media sosial.
 
Adalah akun facebook Ramissa Daiha yang mengunggah foto tersebut. Ia membuat narasi bahwa PKI yang mencekik leher seorang anggota Polri tersebut.
 
Berikut narasi lengkapnya:

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
"POLRI JD PELINDUNG PKI,, SEKARANG PKI MENCEKIK LEHER POLRI, INILAH KEBODOHAN KERJA POLRI YG TDK BS MENUMPAS PKI YG ADA DLM ISTANA NEGARA.,,DAN RAKYAT SDH TDK PERCAYA DGN KERJA POLRI,, SEKIAN MKSH DR KOMANDO SRIKANDI MERAH PUTIH POWER OF RAKYAT PRIBUMI BERGERAK MENUMPAS PKI DLM ISTANA NEGARA DAN MENUMPAS KORUPTOR DLM ISTANA NEGARA," tulis akun Ramissa Daiha, Senin 8 Juni 2020.
[Cek Fakta] PKI Cekik Leher Seorang Anggota Polri? Ini Faktanya
 

Unggahan ini ramai direspons warganet. Terdiri dari 143 emotikon, 45 komentar dan 34 kali dibagikan. Berikut beberapa komentar yang muncul:
 
"Ini contoh nya , hebat sekali ini PKI , petugas aja di cekik," tulis akun facebook Nicolas Kumambong Nicolas, Senin 8 Juni 2020.
 
"Si Pelindung sj di cekik, bagaimana dgn yg dilindungi..???," tulis akun Rony Suripto, Senin 8 Juni 2020.
 
"Ko bisa ky gitu y..sikat pak.polisi," tulis akun Dani Infantri, Senin 8 Juni 2020.
 

Penelusuran:
Dari penelusuran kami, klaim bahwa foto itu memperlihatkan anggota PKI mencekik leher seorang anggota Polri, adalah salah. Faktanya, tidak ada informasi valid mengenai hal tersebut.
 
Justru foto itu merupakan tangkapan layar sebuah video yang viral beberapa waktu lalu di media sosial. Dilansir Medcom.id, pencekik anggota Polri itu adalah Tohab Silaban.
 
Tohab mencekik Bripka Rudy Rustam lantaran ditilang di Tol Angke 2 pada Jumat 7 Februari 2020 sekitar pukul 09.30 WIB. Kemudian pada malamnya sekitar pukul 22.30 WIB, polisi meringkus Tohab di kawasan Tebet, Jakarta Selatan.
 
Tohab akhirnya meminta maaf kepada Bripka Rudy dan keluarga serta seluruh petugas kepolisian. Ia mengaku khilaf.
 
"Saya menyesal, saya khilaf," kata Tohab seperti dilansir Medcom.id, Sabtu 8 Februari 2020.
 

[Cek Fakta] PKI Cekik Leher Seorang Anggota Polri? Ini Faktanya
 

Meski demikian, Polres Jakarta Barat tetap memproses secara hukum. Polres menetapkan Tohab sebagai tersangka dan menjebloskannya ke penjara.
 
"Proses hukum terus berlanjut. Penyidik saat ini tengah melengkapi berkas perkara pelaku sebelum dilimpilahkan kepada Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta," tulis Jawapos.com dalam laporannya pada Senin 10 Februari 2020.
 

[Cek Fakta] PKI Cekik Leher Seorang Anggota Polri? Ini Faktanya
 

Kesimpulan:
Klaim bahwa klaim bahwa foto itu memperlihatkan anggota PKI tengah mencekik leher seorang anggota Polri, adalah salah. Faktanya, tidak ada informasi valid bahwa pencekik adalah anggota PKI.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenis false context (konteks keliru). False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.
 

Referensi:
1. https://www.medcom.id/nasional/hukum/9K50nD3k-pengemudi-pencekik-polisi-meminta-maaf
2. https://www.jawapos.com/jabodetabek/10/02/2020/tohab-si-pencekik-polisi-akhirnya-dijebloskan-penjara/
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id
 


 
(DHI)
LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif