Tangkapan layar berita palsu Foto:Facebook
Tangkapan layar berita palsu Foto:Facebook

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Ketum PBNU KH Said Aqil Siradj Keturunan PKI? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
Whisnu Mardiansyah • 23 April 2021 13:13
Beredar sebuah narasi yang menyebutkan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdhatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siradj keturunan PKI. Narasi beredar lewa pesan berantai.
 
Dalam pesan berantai tersebut, menyandingkan foto Said Aqil dengan foto yang diklaim sebagai ayahandanya Achmad Dasuki Siradj. Dalam foto tersebut, Achmad Dasuki Siradj dijelaskan sebagai anggota Fraksi PKI nomor anggota 215.
 
[Cek Fakta] Ketum PBNU KH Said Aqil Siradj Keturunan PKI? Ini Faktanya

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Penelusuran:
Dari hasil penelusuran tim cek fakta medcom, klaim Achmad Dasuki Siradj ayah dari KH Said Aqil adalah salah. Faktanya, tidak ada silsilah di antara keduanya. Dilansir dari rri.co.id, Said Aqil Siradj lahir pada 03 Juli 1953, di Kempek, Palimanan, Cirebon, Jawa Barat dari pasangan, KH Aqiel Siradj dan Nyai Hj Afifah binti Kyai Harun.
 
Aqiel Siradj merupakan pengasuh Pondok Pesantren Kempek yang menjadi salah satu pesantren penting di Cirebon. Kyai Aqiel merupakan menantu dari Kyai Harun bin Abdul Jalil, yang menjadi benteng dari Pesantren Kempek.
 
Said Aqiel Siradj adalah putra ke dua dari lima bersaudara yang dikenal dengan sebutan Pandawa Lima yaitu Abuya KH. Ja'far Shodiq Aqiel Siradj (Alm), KH. Said Aqiel Siradj, KH. Muh. Musthofa Aqiel Siradj, KH. Ahsin Syifa Aqiel Siradj (Alm) dan KH. Ni'amillah Aqiel Sirad.
 
Kelima bersaudara tersebut berdomisili di Pondok Pesantren KHAS Kempek Cirebon kecuali KH. Said Aqiel Siradj berdomisili di Jakarta karena tugas beliau sebagai ketua umum PBNU yang merupakan organisasi Islam terbesar di Indonesia.
 
Ayahhanda Kyai Aqiel mewarisi darah ulama, dari pesantren Gedongan, Cirebon. Ia merupakan putra dari Kyai Siradj, yang masih keturunan dari Kyai Muhammad Said Gedongan, Cirebon.
 
Kyai Muhammad Said, merupakan ulama yang menyebarkan Islam dengan mengajar santri di pesantren, dan turut berjuang melawan penjajah Belanda.
 
Kyai Muhammad Said Gedongan wafat pada tahun 1931. Gedongan terletak di Desa Ender, Kecamatan Pangenan, di kawasan Timur Cirebon, Jawa Barat.
 
[Cek Fakta] Ketum PBNU KH Said Aqil Siradj Keturunan PKI? Ini Faktanya
 
Sementara Achmad Dasuki Siradj adalah tokoh PKI yang lahir pada 23 Mei 1903 di Surakarta, Jawa Tengah.
 
Saat PKI melakukan pemberontakan pada Belanda November 1926, Ahmad Dasuki menjadi salah satu yang ditangkap. Sebanyak 1000 orang ditangkap di Surakarta. 500 orang kemudian dibebaskan setelah dilakukan penahanan dan diinterogasi. 417 kemudian dipenjara setelah diadili.
 
83 orang dibuang ke Digul. Tokoh-tokoh penting PKI Solo seperti Marco, Wirosoeharto, Respati dan Suwarno juga dibuang. Ahmad Dasuki Sastrowidjono, Atmosoemarto, Wiromartono yang saat itu bergabung di Moeallimin dan beberapa dari Medan Moeslimin juga ditangkap dan dibuang ke Digul. Usai kemerdekaan, ia menjadi Dewan Harian Seksi Komite Partai Komunis Indonesia di Surabaya.
 
[Cek Fakta] Ketum PBNU KH Said Aqil Siradj Keturunan PKI? Ini Faktanya
 
Kesimpulan:
Klaim Achmad Dasuki Siradj ayah dari KH Said Aqil adalah salah. Faktanya, tidak ada silsilah di antara keduanya.
 
Informasi ini jenis hoaks misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
 
Misleading contentdibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.
[Cek Fakta] Ketum PBNU KH Said Aqil Siradj Keturunan PKI? Ini Faktanya
Referensi:
1.https://www.konstituante.net/id/profile/PKI_achmad_dasuki_siradj
2.https://rri.co.id/humaniora/info-publik/937701/said-aqil-doyan-minum-bekas-kobokan-ayahanda
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel [email protected] atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 


 
(WHS)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif