Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook
Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Beredar Video Jokowi Telah Melantik Ahok sebagai Menpan-RB? Begini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta Jokowi ahok Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia Tjahjo Kumolo menpan hoax kabar hoaks
Wanda Indana • 13 Juli 2022 19:13
Beredar video yang menarasikan Presiden Joko Widodo telah melantik Basuki Tjahaja Purnama alias Ahokmenjadi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB). Narasi itu bermunculan di media sosial.
 
Seperti diketahui, jabatan Menpan-RB mengalami kekosongan setelah Tjahyo Kumolo meninggal dunia pada 1 Juli 2022.
 
Akun Facebook ini ikut membagikan klaim tersebut pada 5 Juli 2022. Pada unggahannya, disebutkan bahkan bahwa Ahok dianggap sebagai sosok yang tepat menempati jabatan Menpan-RB.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
"T3rendvs Ahok jadi M3nteri! K4dr03n g3ger lagi! Ada juga yang menuliskan:
langsung dari istana negara !! detik detik jokowi lantik ahok?"
Benarkah? Berikut cek faktanya.
 
[Cek Fakta] Beredar Video Jokowi Telah Melantik Ahok sebagai Menpan-RB? Begini Faktanya
 
Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim pada video yang beredar bahwa Ahok telah dilantik sebagai Menpan-RB di Istana adalah salah. Faktanya,Presiden Jokowi belum mengumumkan penggantinya.
 
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mnegtakan sampai saat ini belum ada pembahasan tentang nama pengganti Tjahjo Kumolo. Dalam rapat terbatas kabinet yang dilangsungkan di Istana, Senin 4 Juli 2022 pagi juga tidak ada pembahasan terkait hal itu.
 
"Tidak ada pembicaraan (soal pengganti almarhum Tjahjo) dan kita masih dalam suasana duka. Jadi agak kurang elok membicarakan mengenai tersebut," ujar Airlangga seperti dilansir Kompas.com.
 
Setelah disimak, video yang beredar identik dengan pemberitaan Net TV ini terkait pamitan Jokowi kepada warga DKI Jakarta setelah ia terpilih menjadi presiden pada tahun 2014. Dalam pamitan tersebut Jokowi menyerahkan jabatan Gubernur DKI Jakarta kepada wakilnya saat itu yakni Ahok.
 
Kesimpulan:
klaim pada video yang beredar bahwa Ahok telah dilantik sebagaiMenpan-RB di Istana adalah salah. Faktanya,Presiden Jokowi belum mengumumkan penggantinya.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenis manipulated content (konten manipulasi). Manipulated content atau konten manipulasi biasanya berisi hasil editan dari informasi yang pernah diterbitkan media-media besar dan kredibel. Gampangnya, konten jenis ini dibentuk dengan cara mengedit konten yang sudah ada dengan tujuan untuk mengecoh publik.
 
[Cek Fakta] Beredar Video Jokowi Telah Melantik Ahok sebagai Menpan-RB? Begini Faktanya
 
Referensi:
https://nasional.kompas.com/berita/12320981-airlangga-ungkap-jokowi-belum-bahas-soal-pengganti-tjahjo
https://www.youtube.com/watch?v=8pa7LGAJc7U&feature=youtu.be
 
*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 

 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif