Tangkapan layar unggahan hoaks di media sosial
Tangkapan layar unggahan hoaks di media sosial

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Seorang Anggota Polisi Dikabarkan Babak Belur Dihajar Massa? Begini Faktanya

Medcom Files pembegalan begal hoax Cek Fakta kabar hoaks
Wanda Indana • 01 Maret 2022 12:30
Beredar di media sosial unggahan sebuah foto memperlihatkan seorang pria mengenakan seragam polisi. Foto itu disertai klaim adanya seorang anggota polisi babak belur dihajar massa.
 
Akun Facebook Erik Walker turut membagikan foto tersebut pada Senin, 28 Februari 2022. Foto yang berasal dari situs Kommpas.my.id tersebut, dibubuhkan narasi sebagai berikut:

"Ya Allah Pak Polisi ini Babak B3lur Dih4jar Massa Dan Berteriak: Ampun Pak Istri Saya Lagi Hamil Nyawanyapun Nyaris Tidak,,,,,Senin, 28 Februari 2022"


Benarkah? Berikut cek faktanya.
 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
[Cek Fakta] Seorang Anggota Polisi Dikabarkan Babak Belur Dihajar Massa? Begini Faktanya
Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim pada foto yang beredar memperlihatkan seorang anggota polisi babak belur dihajar massa adalah salah. Faktanya, pria berseragam dalam foto tersebut pelaku begal yang menyamar sebagai anggota polisi.
 
Melalui reverse image, foto tersebut banyak ditemukan pada sejumlah portal berita daring empat tahun lalu. Salah satunya artikel berjudul "Begal Ketahuan Nyamar Jadi Polisi, Begini Nasibnya Ketika Terbongkar" dimuat Tribunnews.com pada 9 April 2018
 
Merujuk artikel tersebut, dijelaskan pria berseragam dalam foto yang beredar bukan anggota polisi melainkan pelaku begal yang tertangkap warga yang menyamar menjadi polisi lalu lintas. Modus yang dilakukan pelaku adalah mencegat siswa di halaman sekolah dan menuduhnya telah melakukan pelanggaran lalu lintas.
 
Pelaku menaiki motor korban dan beralibi membawanya ke kantor polisi untuk diproses. Namun saat sampai di area persawahan Desa Bangsri, Kepanjen, Malang, Jawa Timur, pelaku melempar korban ke pinggir jalan.
 
"Beruntung, seorang guru yang curiga telah membuntuti mereka. Sontak sang guru dan korban pun berteriak meminta bantuan warga. Warga segera datang dan melampiaskan amarah mereka kepada pelaku. Pelaku dihajar di pematang sawah hingga babak belur dan basah kuyup Beruntung polisi segera datang untuk mengamankan pelaku." keterangan pada artikel tersebut.
 

[Cek Fakta] Seorang Anggota Polisi Dikabarkan Babak Belur Dihajar Massa? Begini Faktanya
 

 
Kesimpulan:
Klaim pada foto yang beredar memperlihatkan seorang anggota polisi babak belur dihajar massa adalah salah. Faktanya, pria berseragam dalam foto tersebut pelaku begal yang menyamar sebagai anggota polisi.
 
Informasi ini jenis hoaks false context (konteks keliru). False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.
 

 
[Cek Fakta] Seorang Anggota Polisi Dikabarkan Babak Belur Dihajar Massa? Begini Faktanya
 

Referensi:
https://www.tribunnews.com/regional/2018/04/09/begal-ketahuan-nyamar-jadi-polisi-begini-nasibnya-ketika-terbongkar
 

 
*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 

 

 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif