NEWSTICKER
Tangkapan layar informasi palsu di media sosial
Tangkapan layar informasi palsu di media sosial

[Fakta atau Hoaks]

[Fakta atau Hoaks] Habib Rizieq Shihab Galang Dana Rp500 Miliar Lawan Korona?

Medcom Files Cek Fakta
M Rodhi Aulia • 24 Maret 2020 16:29
Beredar di media sosial sebuah foto tangkapan layar artikel bergambar tokoh Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab dan sejumlah orang lainnya. Artikel itu berjudul "Selain Jack Ma, Habib Rizieq Galang Dana Rp 500 M Lawan Corona".
 
Pada artikel itu muncul narasi kekaguman terkait langkah Rizieq yang menggalang dana sebanyak Rp500 miliar untuk melawan virus korona atau covid-19.
 
"Masha Allah, IB HRS Sumbang Dana Untuk Pandemi Corona," bunyi narasi yang terlihat pada foto tangkapan layar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Adalah akun facebook Ca Met yang mengunggah foto tangkapan layar artikel tersebut pada Minggu 22 Maret 2020.
[Fakta atau Hoaks] Habib Rizieq Shihab Galang Dana Rp500 Miliar Lawan Korona?
 

Penelusuran:
Dari penelusuran kami, klaim bahwa tokoh Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab menggalang dana Rp500 miliar untuk melawan pandemi korona adalah salah. Faktanya judul dan foto serta nama penulis pada artikel tersebut merupakan suntingan.
 
Versi suntingan, artikel itu berjudul "Selain Jack Ma, Habib Rizieq Galang Dana Rp 500 M Lawan Corona". Artikel yang dimuat pada 19 Maret 2020 pukul 20.51 WIB itu, ditulis oleh Asep Pengkolan dari CNBD Indonesia.
 
Melalui teknik reverse image, kami menemukan artikel tersebut berasal dari laman CNBC Indonesia.Judul asli artikel tersebut adalah "Selain Jack Ma, Tzu Chi Galang Dana Rp 500 M Lawan Corona". Artikel itu ditulis oleh Ferry Sandi dari CNBC Indonesia. Tampak identik dari waktu publikasi, yaknipada 19 Maret 2020 pukul 20.51 WIB.
 

[Fakta atau Hoaks] Habib Rizieq Shihab Galang Dana Rp500 Miliar Lawan Korona?
 

Berikut isi artikel selengkapnya:
 
Selain Jack Ma, Tzu Chi Galang Dana Rp 500 M Lawan Corona
 
Jakarta, CNBC Indonesia - Bantuan untuk Indonesia dalam penanggulangan pandemi virus corona (COVID-19) terus mengalir. Selain, Konglomerat sekaligus pendiri Alibaba Group Jack Ma yang menyumbang peralatan medis ke Indonesia, Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia juga menggalang dana bantuan senilai Rp 500 miliar.
 
"Kami mendapatkan informasi bahwa kecepatan dan ketepatan penanganan menjadi kunci memerangi pandemi COVID-19. Itu yang mendorong sinergi dilakukan melalui penggalangan dana guna memberikan bantuan alat kesehatan," kata relawan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia sekaligus CEO DAAI TV Indonesia, Hong Tjhin selepas melakukan penyerahan simbolis kepada Ketua PBNU Bidang Kesehatan yang juga Pembina Tim COVID-19 PBNU, dr. Syahrizal Syarif di kantor Badan Nasional Pengendalian Bencana (BNPB), Kamis (19/3).
 
Managing Director Sinar Mas, G. Sulistiyanto mengatakan nama perusahaan-perusahaan yang sudah konfirmasi akan berdonasi di antaranya, Sinar Mas, PT Adaro Energy Tbk, Artha Graha Peduli Foundation, PT Djarum, Agung Sedayu Group, PT Indofood Sukses Makmur Tbk, PT Puradelta Lestari Tbk, beserta Triputra Group.
 
"Kami masih menunggu pengusaha lain untuk kepedulian sosial ini," ujarnya.
 
Adapun hari ini KADIN bersama Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia memberikan bantuan untuk Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, RSPAD Gatot Subroto, RSUP Persahabatan.
 
Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN), Rosan Roeslani mengatakan, seluruh penyaluran donasi berikut perusahaan yang berpartisipasi akan dilaporkan kepada Presiden secara berkala, dan pihaknya terus berupaya mengimbau anggotanya agar ikut berperan aktif dalam kegiatan ini.
 
Donasi bertahap yang digalang Tzu Chi akan berbentuk peralatan uji cepat (rapid test kit) sebanyak 1 juta buah, 20 ribu baju isolasi (coverall safety), 4 unit alat bantu pernapasan (ventilator), berikut 1 juta masker. Penyaluran bantuan berlangsung di bawah koordinasi Kementerian Kesehatan dan BNPB.
 
Pada hari Rabu (18/3) lalu, Tzu Chi telah menyerahkan bantuan berupa APD seperti baju isolasi, masker, kacamata, sarung tangan, juga ventilator bagi Kementerian Kesehatan berikut beberapa rumah sakit, seperti RSPAD Gatot Soebroto, RSPI Sulianti Saroso dan RSUP Persahabatan. Menurut Hong Tjhin, dukungan lain yang dapat mereka berikan adalah mengikuti semua arahan Pemerintah seperti melakukan pembatasan interaksi dengan pihak lain (social distancing) dan mengedepankan pola hidup sehat.

 

Kesimpulan:
Klaim bahwa tokoh Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab menggalang dana Rp500 miliar untuk melawan pandemi korona adalah salah.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenis manipulated content (konten manipulasi). Manipulated content atau konten manipulasi biasanya berisi hasil editan dari informasi yang pernah diterbitkan media-media besar dan kredibel. Gampangnya, konten jenis ini dibentuk dengan cara mengedit konten yang sudah ada dengan tujuan untuk mengecoh publik.
 

Referensi:
https://www.cnbcindonesia.com/news/20200319204030-4-146295/selain-jack-ma-tzu-chi-galang-dana-rp-500-m-lawan-corona
 

 

(DHI)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif