Tangkapan layar pemberitaan palsu dari media sosial
Tangkapan layar pemberitaan palsu dari media sosial

[Cek Fakta] Buaya Makan Orang di Serpong?

Medcom Files Cek Fakta
Wanda Indana • 12 Oktober 2019 09:54
Video yang memperlihatkan seseorang tewas dimakan buaya di Serpong, Banten, beredar di sosial media. Informasi itu ramai tersebar dari situs berbagi video Youtube.
 
Kanal Youtube Alesha Channel menyebarkan video itu pada Minggu 6 Oktober 2019. Video itu memperlihatkan tubuh seseorang diduga pria dijepit rahang buaya dengan posisi kaki di atas. Beberapa detik kemudian, buaya itu membawa tubuh si korban ke dalam sungai. Kanal itu menambahkan keterangan bertertuliskan "Kecamatan Serpong".
 
Hingga Sabtu 12 Oktober 2019, video itu sudah ditonton 7.069 kali. Video itu juga sudah menyebar ke berbagai grup-grup percakapan WhatsApp.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 

[Cek Fakta] Buaya Makan Orang di Serpong?
 
Penelusuran Fakta:
Tim Cek Fakta Medcom.id menelusuri sumber video tersebut. Melalui teknik reverse image, ditemukan video identik pada portal berita asal Inggris, The Sun.
 
The Sun menurunkan artikel berisi tewasnya seorang pria diterkam buaya dengan judul "Crocodile emerges in river with missing MAN clenched in its jaws after killing him by biting his groin".
 
Dalam artiket itu disebutkan kejadian nahas terjadi di Kali Umalaoge, Desa Kinapani Makmur, Kecamatan Lasalimu Selatan, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara, Jumat 12 April 2019, sekitar jam 14.30 WITA. Korban bernama Darlin Uti alias La Ade berusia 30 tahun, buruh tani yang tinggal di Desa Kinapani Makmur.
 
Peristiwa itu bermula saat korban bersama temannya hendak melakukan penyedotan pasir di Kali Umalaoge. Korban bertugas menyelam buat meletakkan selang penyedot ke dasar sungai. Saat menyelam tiba-tiba datang seekor buaya dan langsung menerkam korban.
 

Kesimpulan:
Pernyataan yang menyebut seseorang tewas dimakan buaya di Serpong adalah salah. Kejadian itu benar, tapi bukan di Serpong, melainkan di Desa Kinapani Makmur, Kecamatan Lasalimu Selatan, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara.
 

Referensi:
https://www.thesun.co.uk/news/8912599/crocodile-kills-missing-man-jaw-groin-indonesia/
https://lampung.tribunnews.com/2019/04/13/seusai-terkam-darlin-buaya-bawa-tubuh-korban-dengan-kaki-di-atas-detik-detik-videonya
 

Sumber:
https://www.youtube.com/watch?v=QD5SDqCTExo
 

 

(WAN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif