Tangkapan layar pemberitaan palsu dari media sosial
Tangkapan layar pemberitaan palsu dari media sosial

[Cek Fakta]

[Cek Fakta] Mesut Ozil Injak Bendera Tiongkok? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
Wanda Indana • 26 Desember 2019 16:00
Beredar di media sosial sebuah foto yang memperlihatkan pesepak bola asal Jerman, Mesut Ozil, menginjak bendera Tiongkok. Terlihat pada foto, Ozil duduk di sebuah sofa krem dengan posisi kaki kiri menginjak bendera Tiongkok yang berada di atas meja.
 
Akun Facebook Fano pertama kali membagikan foto tersebut, Kamis 26 Desember 2019. Pemilik akun menambahkan narasi bertuliskan "SEPATUNYA OZIL CAKEP SUMPAH!". Di kolom komentar, foto tersebut dikaitkan dengan isu dugaan pelanggaran HAM pada Muslim Uighur di Xinjiang, Tiongkok.
 

[Cek Fakta] Mesut Ozil Injak Bendera Tiongkok? Ini Faktanya

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 

Penelusuran:
Setelah ditelusuri tim Cek Fakta Medcom.id, foto yang memperlihatkan Pesepak Bola Mesut Ozil menginjak bendera Tiongkok adalah hasil suntingan. Video asli, Ozil menginjak sandaran kaki. Melalui teknik reverse image, foto asli ditemukan si situs asal Inggris, The SUN, melalui artikel berjudul "Mesut Ozil will earn another £31m from Arsenal even if he never plays again", tayang pada Kamis, 17 Oktober 2019. The Sun menulis, foto tersebut diambil dari dari akun resmi Instagram Ozil di @m10_official.
 

Di dalam artikel membahas terkait kontrak Ozil di Arsenal. Saat itu pelatih Arsenal, Unai Emery ingin mengganti Ozil yang dinilai tampil buruk dan membuat Arsenal tak pernah meraih kemenangan dalam tujuh laga terakhir. Ozil mendapat kontrak untuk mempercepat karirnya di Arsenal dengan bayaran tinggi. Namun Ozil menolak karena kontrak awalnya yang dibuat pada masa Arsen Wenger, habis hingga 2021. Di dalam artikel tersebut tidak disebutkan Ozil menginjak bendera Tiongkok. Pula, tak ada isu Uighur dibahas.
 

[Cek Fakta] Mesut Ozil Injak Bendera Tiongkok? Ini Faktanya
 

[Cek Fakta] Mesut Ozil Injak Bendera Tiongkok? Ini Faktanya
 

Kesimpulan:
Foto yang memperlihatkan Pesepak Bola Mesut Ozil menginjak bendera Tiongkok adalah hasil suntingan. Penyebar foto memanfaatkan sentimen isu dugaan pelanggaran HAM Muslim Uighur yang berpotensi memprovokasi masyarakat.
 
Foto tersebut adalah bentuk informasi hoaks kategori Manipulated Content (konten manipulasi). Manipulated Content biasanya berisi hasil editan dari informasi yang pernah diterbitkan media-media besar dan kredibel. Gampangnya, konten jenis ini dibentuk dengan cara mengedit konten yang sudah ada dengan tujuan untuk mengecoh publik.
 

Referensi:
https://www.thesun.co.uk/sport/football/10155384/mesut-ozil-earn-31million-arsenal-contract-wages/
 

Sumber:
https://www.facebook.com/groups/276665096312116/permalink/501350390510251/
 

 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif