Foto tangkapan layar informasi yang beredar di media sosial
Foto tangkapan layar informasi yang beredar di media sosial

Fakta atau Hoaks

[Cek Fakta] KPK Temukan Rp50 Miliar di Rumah Sekjen PDIP Hasto? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
M Rodhi Aulia • 28 September 2022 18:35
Beredar sebuah narasi bahwa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menemukan uang Rp50 miliar di rumah Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. Narasi ini beredar di media sosial.
 
Adalah kanal YouTube Agenda Politik yang mengunggah video dengan narasi tersebut, 27 September 2022. Berikut penampakannya:
 

[Cek Fakta] KPK Temukan Rp50 Miliar di Rumah Sekjen PDIP Hasto? Ini Faktanya

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Benarkah demikian?
Penelusuran:
Dari penelusuran kami, klaim bahwa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menemukan uang Rp50 miliar di rumah Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, adalah salah. Faktanya, KPK telah memberikan klarifikasi.
 
“[KLARIFIKASI KPK] Jakarta, 28 September 2022. KPK memperoleh informasi beredarnya video hoaks tentang kegiatan penggeledahan yang dilakukan KPK pada salah satu rumah kediaman milik pihak tertentu,” kata KPK melalui akun twitternya, Rabu 28 September 2022.
 

Kesimpulan:
Klaim bahwa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menemukan uang Rp50 miliar di rumah Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, adalah salah. Faktanya, KPK telah memberikan klarifikasi.
 
Informasi ini jenis hoaks fabricated content (konten palsu). Fabricated content terbilang menjadi jenis konten palsu yang paling berbahaya. Konten ini dibentuk dengan kandungan 100% tidak bisa dipertanggung-jawabkan secara fakta. Biasanya, fabricated content berupa informasi lowongan kerja palsu dan lain-lain.
 

[Cek Fakta] KPK Temukan Rp50 Miliar di Rumah Sekjen PDIP Hasto? Ini Faktanya
 

Referensi:
https://www.youtube.com/watch?v=iG9ZnBONUOg
https://twitter.com/KPK_RI/status/1575063013425442816
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 

 
(DHI)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif