Foto tangkapan layar informasi yang beredar di media sosial
Foto tangkapan layar informasi yang beredar di media sosial

Fakta atau Hoaks

[Cek Fakta] Foto Banyak Bus Transjakarta Terbengkalai Karya Ahok? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta ahok
M Rodhi Aulia • 07 Agustus 2022 12:14
Beredar sebuah foto memperlihatkan sejumlah bus Transjakarta terbengkalai dengan narasi merupakan karya Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) saat menjabat Gubernur DKI Jakarta. Foto dengan narasi ini beredar di media sosial.
 
Adalah akun twitter @bintangku206 yang turut mengunggah foto dengan narasi tersebut, 6 Agustus 2022. Berikut narasi selengkapnya:


"ini karya ahok om fir! dungu kok dipelihara, makanya jgn nyamar jadi muslim."


[Cek Fakta] Foto Banyak Bus Transjakarta Terbengkalai Karya Ahok? Ini Faktanya
 

Benarkah demikian?

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 

Penelusuran:
Dari penelusuran kami, klaim bahwa sejumlah bus mirip Transjakarta terbengkalai merupakan karya Ahok saat menjabat Gubernur DKI Jakarta, adalah salah. Faktanya, bus itu bukan tanggungjawab Ahok atau bukan milik Pemprov DKI Jakarta. Penampakan sejumlah 'bangkai' bus berlabel Transjakarta itu sudah menjadi sorotan pada 2018-2019 lalu. Kala itu disebutkan terdapat ratusan bangkai bus yang disimpan di sebuah lahan kosong, kawasan Dramaga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.
 
Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta saat itu, Syafrin Liputo menegaskan bus tersebut bukan milik Pemprov. Bus itu milik para pemasok bus TransJakarta pada tahun 2013.

"Bukan milik Pemprov, tapi milik penyedia tahun 2013,” kata Syafrin seperti dimuat Liputan6.com, Minggu 28 Juli 2019.


Pengadaan 2013 itu dinilai bermasalah. Kejaksaan Agung menemukan adanya dugaan korupsi dalam pengadaan bus Transjakarta dan kepala dinas perhubungan saat itu, Udar Pristono dinyatakan bersalah dan sedang menjalani hukuman.
 

[Cek Fakta] Foto Banyak Bus Transjakarta Terbengkalai Karya Ahok? Ini Faktanya
 

Kesimpulan:
Klaim bahwa sejumlah bus mirip Transjakarta terbengkalai merupakan karya Ahok saat menjabat Gubernur DKI Jakarta, adalah salah. Faktanya, bus itu bukan tanggungjawab Ahok atau bukan milik Pemprov DKI Jakarta.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenis misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
 
Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.
 

[Cek Fakta] Foto Banyak Bus Transjakarta Terbengkalai Karya Ahok? Ini Faktanya
 

Referensi:
https://twitter.com/bintangku206/status/1555784507185577984/photo/1
https://www.liputan6.com/news/read/4023765/dishub-dki-akan-gugat-pemasok-bus-transjakarta-mangkrak-di-bogor
https://archive.ph/58fwS
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 

 
(DHI)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif