Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook
Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Tiongkok Ancam Ambil Alih Pulau Kalimantan Jika Indonesia Tidak Segera Membayar Utang? Cek Faktanya

Medcom Files Utang Luar Negeri Tiongkok hoax Cek Fakta kabar hoaks
Wanda Indana • 17 Mei 2022 11:02
Beredar sebuah video yang memperlihatkan seoarang pria berbicara menggunakan bahasa mandarin. Diklaim, pria dalam video yang beredar mengatakan bahwa Tiongkok mengancam akan mengambil alih pulau Kalimantan jika Indonesia tidak segera membayar utang.
 
Video ini beredar di media sosial. Akun Facebook ini membagikan video tersebut pada Sabtu, 30 April 2022. Pada pada terdapat narasi sebagai berikut:
 
"Wahai warga indonesia bayarlah hutangmu
segera lah bayar hutang mu
kalau kau tidak bayar maka pulau kalimantan akan menjadi milik cina
jadi sekarang juga BAYARLAH HUTANGMU!!"

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Akun itu juga meyertakan narasi pada unggahan videonya "Sudah ada peringatan dari CHINA untuk INDONESIA agar segera membayar Hutang". Benarkah? Berikut cek faktanya.
 

[Cek Fakta] Tiongkok Ancam Ambil Alih Pulau Kalimantan Jika Indonesia Tidak Segera Membayar Utang? Cek Faktanya
 

Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim pada video yang beredar memperlihatkan Tiongkok mengancam akan mengambil alih pulau Kalimantan jika Indonesia tidak segera membayar utang adalah salah. Faktanya, Faktanya, video yang beredar hasil rekayasa.
 
Dikutip dari Turnbackhoax.id, video seorang pria yang berbicara dalam bahasa mandarin berasal dari aplikasi Tiongkok bernama Kuashio. Orang di dalam video memiliki nama panggilan “Ollie to Uncle” yang diberikan oleh netizen media sosial tersebut. Dalam video aslinya, Ollie mengucapkan kalimat sebagai berikut:
 
“Apa pun kesulitan yang kita hadapi, jangan takut, hadapi dengan senyuman! Cara terbaik untuk menghilangkan rasa takut adalah dengan menghadapinya. ketakutan! Ketekunan adalah kemenangan! Ayo! Ollie!”
 
Pria dalam video itu sama sekali tidak membahas isu utang Indonesia atau Tiongkok akan mengambil alih Pulau Kalimantan. Narasi pada video adalah rekayasa.
 

Kesimpulan:
Klaim pada video yang beredar memperlihatkan Tiongkok mengancam akan mengambil alih pulau Kalimantan jika Indonesia tidak segera membayar utang adalah salah. Faktanya, Faktanya, video yang beredar hasil rekayasa.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenis misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
 
Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.
 

[Cek Fakta] Tiongkok Ancam Ambil Alih Pulau Kalimantan Jika Indonesia Tidak Segera Membayar Utang? Cek Faktanya
 

Referensi:
https://zhuanlan.zhihu.com/p/109637791
https://turnbackhoax.id/2022/05/16/salah-anies-baswedan-berkali-kali-salah-mengucapkan-sumpah-jabatan/
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 

 

 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif