Tangkapan layar klarifikasi dari situs fixindonesia.com
Tangkapan layar klarifikasi dari situs fixindonesia.com

[Klarifikasi]

[Cek Fakta] Tak Dibagi-bagikan, 4 Ton Telur Bansos Pemprov Jabar Membusuk? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
M Rodhi Aulia • 13 Mei 2020 12:59
Beredar narasi bahwa sebanyak 4 ton paket telur bantuan sosial (bansos) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat di gudang Bulog, Kabupaten Garut membusuk. Narasi ini tampak pada sebuah judul artikel.
 
Adalah akun facebook JGturut membagikan tangkapan layar berisi judul artikel tersebut. Berikut judul artikelnya:
 
"4 Ton Telur Bansos Pemprov Membusuk, DPRD Jabar: Pemprov Jabar Ceroboh."

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Dalam unggahannya, tampak sebuah tulisan singkat terkait artikel tersebut. Dituliskan, sejumlah paket telur itu membusuk karena tak didistribusikan dan terlalu lama disimpan di gudang Bulog, Garut. Berikut narasi lengkapnya:
 
"Bantuan sembako berupa beras, mie instan, telur, vitamin, minyak sayur, gula, dan terigu, masih tertahan di gudang Bulog Garut. Karena terlalu lama tersimpan di gudang dan tak didistribusikan, setidaknya empat ton telur membusuk dan harus diganti dengan yang baru. Sementara proses pendistribusian belum bisa dipastikan waktunya.
 
Terkait hal itu, Anggota DPRD Jawa Barat, Fraksi Partai Golkar, Edi Rusyandi mengaku prihatin dengan kondisi tersebut. Alih-alih bantuan yang tersedia dapat meringankan beban warga terdampak Covid-19, justru menurut Edi bantuan tersebut malah tidak bermanfaat
https://www.fixindonesia.com/4-ton-telur-bansos-pemprov-membusuk-dprd-jabar-pemprov-jabar-ceroboh/."

 
Ungahan ini ramai direspons warganet. Terdiri dari 566 emotikon, 66 komentar dan 156 kali dibagikan.
 

[Cek Fakta] Tak Dibagi-bagikan, 4 Ton Telur Bansos Pemprov Jabar Membusuk? Ini Faktanya
 

Penelusuran:
Dari penelusuran kami, klaim bahwa sebanyak 4 ton telur bantuan sosial (bansos) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat membusuk di gudang Bulog Garut, adalah salah. Faktanya, kurang dari 4 ton telur atau 1,2 ton telur yang membusuk di gudang Bulog Garut, Jawa Barat.
 
Hal itu seperti dilansir fixindonesia.com dalam perkembangan liputannya. Dijelaskan bahwa Kepala Bulog Garut, Herman Taryana, mengatakan sebanyak 1,2 ton dari 4 ton telur yang ada di Gudang Bulog Garut, membusuk.
 

[Cek Fakta] Tak Dibagi-bagikan, 4 Ton Telur Bansos Pemprov Jabar Membusuk? Ini Faktanya
 

 
"Catatan Redaksi: Dalam perkembangan liputan, setelah dilakukan pengecekan langsung oleh Kepala Bulog Garut, Herman Taryana, dari 4 ton telur yang ada di Gedung Bulog Garut, 1,2 ton di antaranya dinyatakan membusuk, sisanya bisa diselematkan. Telur membusuk sudah diganti," tulis Fixindonesia.com dalam laporannya yang kami kutip pada Selasa 26 Mei 2020.
 
Hal ini senada dengan laporan galamedianews.com. Dijelaskan bahwa Kepala Bulog Garut, Herman Taryana mengatakan, sejumlah telur membusuk di gudang Bulog Garut. Hal itu karena proses distribusi yang terlambat.
 

[Cek Fakta] Tak Dibagi-bagikan, 4 Ton Telur Bansos Pemprov Jabar Membusuk? Ini Faktanya
 

"Ada komoditi yang sudah membusuk, seperti telur. Dari 4 ton kini kondisi yang busuk hanya 1,2 ton. Barang yang sudah tidak layak sudah dilakukan pergantian kembali," kata Herman seperti dilansir galamedianews.com, Minggu 10 Mei 2020.
 
Sebelumnya, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jawa Barat, Mohammad Arifin Soedjayana mengakui distribusi sejumlah paket telur di gudang Bulog Garut sempat tertunda. Namun telur itu tidak membusuk.
 
"Jadi bukan sudah busuk, tapi ada potensi (potensi busuk), kalau tidak ada penyaluran," kata Arifin seperti dilansir prfmnews.pikiran-rakyat.com, Senin 11 Mei 2020.
 

[Cek Fakta] Tak Dibagi-bagikan, 4 Ton Telur Bansos Pemprov Jabar Membusuk? Ini Faktanya
 

Arifin menjelaskan saat itu ada masalah terkait pendataan Keluarga Rumah Tangga Sasaran (KRTS) Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Kemudian pihaknya memutuskan penundaan distribusi telur untuk Kabupaten Garut.
 
"Karena ada penundaan, telur digeser ke kabupaten/kota lain," ujar Arifin.
 
Untuk menghindari telur busuk, pihaknya mendistribusikan paket telur yang semula jatah Kabupaten Garut ke Kabupaten dan Kota Tasikmalaya. Sementara itu, Pemprov Jabar mendistribusikan paket telur baru untuk Kabupaten Garut.
 
Belakangan, paket telur untuk Kabupaten Garut yang masih segar juga sudah didistribusikan. Hal itu tampak pada unggahan di akun facebook Wakil Gubernur Jawa Barat UU Ruzhanul Ulum.
 
"Melepas Distribusi Bantuan Sembako dari Provinsi Jawa Barat kepada Masyarakat Kab. Garut yang Terdampak Covid-19, di Kantor Pos Garut Jl. Ahmad Yani No. 40 Garut, bersama Pa Bupati @kang_rudy_gunawan pa Wabup @kanghelmi_budiman," tulis akun UU Ruzhanul Ulum pada Rabu 13 Mei 2020.
 

[Cek Fakta] Tak Dibagi-bagikan, 4 Ton Telur Bansos Pemprov Jabar Membusuk? Ini Faktanya
 

Berikut unggahan UU selengkapnya:
 
"Melepas Distribusi Bantuan Sembako dari Provinsi Jawa Barat kepada Masyarakat Kab. Garut yang Terdampak Covid-19, di Kantor Pos Garut Jl. Ahmad Yani No. 40 Garut, bersama Pa Bupati @kang_rudy_gunawan pa Wabup @kanghelmi_budiman .
.
Info akurat terkait bansos Prov Jabar, bisa dicek di akun paGubernur, @humas_jabar, @pikobar_jabar, @dinsosjabar, @disperindag_jbr, @jabarquickresponse, dan akun resmi pemkab/pemkot setempat.
.
Slide terakhir: Klarifikasi Pemprov Jabar Soal Telur Bansos yang Busuk di Garut
- PRFM News - https://prfmnews.pikiran-rakyat.com/jawa-barat/pr-13380859/ini-klarifikasi-pemprov-jabar-soal-telur-bansos-yang-busuk-di-garut
.
https://www.tribunnews.com/regional/2020/05/11/tanggapan-pemprov-jabar-terkait-kabar-4-ton-telur-busuk-akan-dibagikan-untuk-bansos-covid-19
.
https://news.detik.com/berita/d-5010335/distribusi-bansos-garut-ditunda-stok-telur-dialihkan-ke-daerah-lain
.
???? @wdudi75 @jibagus08 @humas_jabar."
 

[Cek Fakta] Tak Dibagi-bagikan, 4 Ton Telur Bansos Pemprov Jabar Membusuk? Ini Faktanya

 

Kesimpulan:
Klaim bahwa sebanyak 4 ton telur bantuan sosial (bansos) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat membusuk di gudang Bulog Garut, adalah salah. Faktanya kurang dari 4 ton telur atau 1,2 ton telur yang membusuk di gudang Bulog Garut, Jawa Barat.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenis misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
 
Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.
 

Referensi:
1.https://prfmnews.pikiran-rakyat.com/jawa-barat/pr-13380859/ini-klarifikasi-pemprov-jabar-soal-telur-bansos-yang-busuk-di-garut?fbclid=IwAR1Gp6eDP8tX5Wlifxn_n6BsvObhZPaW5AN2zE8hoRA0zCGmsMXJHRjzUGM&page=2
2.https://web.facebook.com/UuRuzhanul/posts/4554846247874583
3.https://www.fixindonesia.com/4-ton-telur-bansos-pemprov-membusuk-dprd-jabar-pemprov-jabar-ceroboh/
4.https://www.galamedianews.com/daerah/257048/bantuan-gubernur-hanya-1-2-ton-telur-yang-busuk-dan-sudah-diganti.html
 

*Catatan Redaksi: Pada Selasa 26 Mei 2020 pukul 13.40 WIB, kami meralat keterangan bahwa tidak ada telur yang busuk di Gudang Bulog Garut, Jawa Barat. Faktanya, berdasarkan catatan redaksi pada artikel yang diterbitkan Fixindonesia.com, bahwa sebanyak 1,2 ton dari 4 ton telur, membusuk di gudang Bulog, Garut, Jawa Barat. Kami memohon maaf atas ketidaknyamanannya dan berterima kasih atas masukan yang disampaikan redaksi Fixindonesia.com.
 

*Jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks dan memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta dapat melaporkan kepada kami melalui surel cekfakta@medcom.id
 

 

(DHI)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif