Foto tangkapan layar informasi yang beredar di media sosial
Foto tangkapan layar informasi yang beredar di media sosial

Fakta atau Hoaks

[Cek Fakta] Benarkah Tersangka Kasus Minyak Goreng Mantan Timses AHY? Ini Faktanya

Medcom Files CPO kasus korupsi minyak goreng Kementerian Perdagangan Cek Fakta
M Rodhi Aulia • 20 April 2022 09:55
Beredar sebuah gambar dengan narasi bahwa salah satu tersangka kasus dugaan korupsi terkait minyak goreng merupakan mantan manajer kampanye tim pemenangan atau tim sukses (Timses) Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) saat berlaga di Pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2017 lalu. Narasi ini beredar di media sosial.
 
Salah satu tersangka itu disebut bernama Whisnu Wardhana. Sosok Whisnu juga dikaitkan dengan kegiatan Ketua Fraksi Partai Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) yang membagi-bagikan minyak goreng, beberapa waktu lalu.
 
Adalah akun facebook Erlangga Hutasuhut yang turut mengunggah gambar dan narasi tersebut, Rabu 20 April 2022. Berikut penampakannya:

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 

[Cek Fakta] Benarkah Tersangka Kasus Minyak Goreng Mantan Timses AHY? Ini Faktanya
Benarkah demikian?
 

Penelusuran:
Dari penelusuran kami, klaim bahwa salah satu tersangka kasus dugaan korupsi terkait minyak goreng merupakan mantan manajer kampanye tim pemenangan atau tim sukses (Timses) Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) saat berlaga di Pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2017 lalu, adalah salah. Faktanya, dari empat nama yang ditetapkan Kejaksaan Agung sebagai tersangka tidak terdapat sosok tersebut.
 
Keempat nama yang ditetapkan sebagai tersangka adalah Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan berinisial IWW atau Indrasari Wishnu Wardana. Kemudian Senior Manager Corporation Affair Permata Hijau dengan inisial SMA, Komisaris Wilmar Nabati dengan insiala MPT dan General Manajer Musim Mas, PT.
 

[Cek Fakta] Benarkah Tersangka Kasus Minyak Goreng Mantan Timses AHY? Ini Faktanya
 

Dari keempat nama itu terdapat kemiripan nama Dirjen Daglu dengan sosok yang berkaitan dengan Partai Demokrat. Jika diperhatikan lebih lanjut, kemiripan hanya sebatas nama dan fotonya tidak identik. Pun dalam sejumlah ulasan, tidak ditemukan kaitan dirjen dengan Partai Demokrat.
 

[Cek Fakta] Benarkah Tersangka Kasus Minyak Goreng Mantan Timses AHY? Ini Faktanya
 

Kesimpulan:
Klaim bahwa salah satu tersangka kasus dugaan korupsi terkait minyak goreng merupakan mantan manajer kampanye tim pemenangan atau tim sukses (Timses) Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) saat berlaga di Pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2017 lalu, adalah salah. Faktanya, dari empat nama yang ditetapkan Kejaksaan Agung sebagai tersangka tidak terdapat sosok tersebut.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenis misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
 
Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.
 

[Cek Fakta] Benarkah Tersangka Kasus Minyak Goreng Mantan Timses AHY? Ini Faktanya
 

Referensi:
https://www.medcom.id/nasional/hukum/nN9XQ79K-kejagung-tetapkan-4-tersangka-korupsi-terkait-minyak-goreng
https://mediaindonesia.com/politik-dan-hukum/486965/ini-profil-dirjen-kemendag-tersangka-kasus-korupsi-minyak-goreng
https://www.facebook.com/erlangga.hutasuhut/posts/10220598000727266
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 
Kami saat ini mengadakan survei/kuesionerbertujuan memahami perilaku dan preferensi audiens terkait konten cek fakta dari media/pers di Indonesia. Anda bisa mengisi survei melalui tautan link di bawah ini. Data Anda akan dijamin kerahasiaannya dan hanya akan digunakan guna keperluan penelitian.
 
Link survei: https://tinyurl.com/survei-audiens-cekfakta

 


 
(DHI)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif