Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook
Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] 2 Balita Dikabarkan Tewas dalam Kecelakaan Truk SPBU di Karanganyar? Cek Dulu Faktanya

Medcom Files kecelakaan truk hoax Cek Fakta kabar hoaks
Wanda Indana • 15 April 2022 13:10
Beredar sebuah foto yang diklaim memperlihatkan kecelakaan truk SPBU di Karanganyar, Jawa Tengah, baru-baru ini. Disebutkan dalam kecelakaan itu ada dua balita tewas dan 28 korban lainnya terluka.
 
Akun Facebook Cicih Sarti ikut membagikan foto itu pada Sabtu, 9 April 2022. Akun itu mengunggah tautan link yang mengarah pada situs blog berisi artikel dengan judul sebagai berikut:

"innalillahi wa inna illaihi rojiun????Truck SPBU tepat Hari ini????2 Balita T3was 28 lainnya Terbakar saat Isi Bensin, Semoga Husnul khotimah Amin.."


Benarkah? Berikut cek faktanya.
 

[Cek Fakta] 2 Balita Dikabarkan Tewas dalam Kecelakaan Truk SPBU di Karanganyar? Cek Dulu Faktanya

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 

Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim pada tautan link yang beredar bahwa adanya kecelakaan truk SPBU di Karanganyar yang menewaskan dua balita dan 28 korban lainnya terluka adalah salah. Faktanya, bukan di Karanganyar, peristiwa tersebut terjadi di Jambi. Melaui reverse image, foto identik dimuat Inews.id pada artikel berjudul "Truk Tangki BBM Hantam Kios Bensin Eceran lalu Terbakar di Merangin, 2 Orang Terluka" dimuat Senin, 17 Januari 2021. Pada artikel itu dijelaskan, kecelakaan truk tangki pengangkut bahan bakar minyak (BBM) terjadi di Sungai Misang, Kecamatan Bangko, Kabupaten Merangin, Jambi, Senin (17/1/2022). Bukan di Karanganyar.
 
Masih dikutip dari sumber yang sama, truk tersebut menghantam sejumlah kios bensin eceran dan warung hingga mengakibatkan dua orang terluka. Persitiwa itu juga mengakibatkan kios bensin eceran ludes terbakar. Bahkan, api juga tampak membakar truk tangki BBM tersebut.
 
Dua korban yang mengalami luka bakar dilarikan ke rumah sakit. Keterangan warga setempat, armada tangki Pertamina tersebut tiba-tiba hilang terkendali dan menghantam sejumlah warung di pinggir jalan.
 

[Cek Fakta] 2 Balita Dikabarkan Tewas dalam Kecelakaan Truk SPBU di Karanganyar? Cek Dulu Faktanya
 

Kesimpulan:
Klaim pada tautan link yang beredar bahwa adanya kecelakaan truk SPBU di Karanganyar yang menewaskan dua balita dan 28 korban lainnya terluka adalah salah. Faktanya, bukan di Karanganyar, peristiwa tersebut terjadi di Jambi.
 
Informasi ini jenis hoaks false context (konteks keliru). False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.
 

[Cek Fakta] 2 Balita Dikabarkan Tewas dalam Kecelakaan Truk SPBU di Karanganyar? Cek Dulu Faktanya
 

Referensi:
-https://regional.inews.id/berita/truk-tangki-bbm-hantam-kios-bensin-eceran-lalu-terbakar-di-merangin-2-orang-terluka?fbclid=IwAR2BjQkaBmPqV0F8utfdOmM55P-pp7lALQCkR9GwRT2X_CWC4nhLekgFPcg
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 
Kami saat ini mengadakan survei/kuesionerbertujuan memahami perilaku dan preferensi audiens terkait konten cek fakta dari media/pers di Indonesia. Anda bisa mengisi survei melalui tautan link di bawah ini. Data Anda akan dijamin kerahasiaannya dan hanya akan digunakan guna keperluan penelitian.
 
Link survei:https://tinyurl.com/survei-audiens-cekfakta

 

 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif