Tangkapan layar informasi palsu di media sosial
Tangkapan layar informasi palsu di media sosial

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Kini Masa Jabatan Presiden Ditetapkan tanpa Harus Pemilu? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
M Rodhi Aulia • 26 Juni 2020 11:51
Beredar narasi bahwa masa jabatan Presiden dapat terus dilanjutkan tanpa Pemilu. Narasi ini beredar di media sosial.
 
Adalah akun facebook Adha Alfiansyah yang mengunggah narasi tersebut, Rabu 24 Juni 2020. Berikut narasi lengkapnya:
 
"Baru kali ini jabatan presiden lanjut tanpa di pilih rakyat nya
Knp?? Karna uang buat pemililu Uda abis,"
tulis akun Adha Alfiansyah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 

[Cek Fakta] Kini Masa Jabatan Presiden Ditetapkan tanpa Harus Pemilu? Ini Faktanya

Unggahan ini direspons sejumlah warganet hingga hingga Kamis 25 Juni 2020. Berikut sejumlah komentar yang muncul:
 
"Iya juga ya," tulis akun Boypranjaya Jaya, Kamis 25 Juni 2020.
 
"Karena mo ngakalin rakyat dg cari pembenaran melalui undang undang dimana undang undangnya mrk yg utak utik adalah penghianatan terhadap rakyat," tulis akun Babeh Raya, Kamis 25 Juni 2020.
 
"Karna kpu nya takut,kalau smpai ganti presiden kebobrokàn kpu akan trungkap," tulis akun Andre Ky, Kamis 25 Juni 2020.
 

Penelusuran:
Dari penelusuran kami, klaim bahwa masa jabatan Presiden dapat terus dilanjutkan tanpa Pemilu, adalah salah. Faktanya, tidak ada informasi valid mengenai hal tersebut.
 
Dalam beberapa hari terakhir, juga beredar isu bahwa Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah sepakat masa jabatan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak berakhir pada 2024. Akan tetapi, masa jabatan Jokowi berakhir pada 2027.
 
Kami dari tim Cek Fakta Medcom.id telah mengulas hal ini dalam artikel berjudul "[Cek Fakta] MPR dan KPU Sepakat Jokowi Lanjut Sampai 2027? Ini Faktanya". Dalam artikel itu dijelaskan, tidak ada kesepakatan yang dimaksud.
 
"Klaim bahwa MPR dan KPU sepakat masa jabatan Jokowi berlanjut hingga 2017 adalah salah. Faktanya, KPU dan DPR saat ini tengah membahas Pilkada serentak yang diwacanakan bebarengan dengan Pilres dan Pileg di 2024 diundur pelaksanaanya hingga tahun 2027," seperti yang tertulis dalam laporan kami pada Rabu 24 Juni 2020.
 

[Cek Fakta] Kini Masa Jabatan Presiden Ditetapkan tanpa Harus Pemilu? Ini Faktanya
 

Bahwa sempat muncul wacana yang mengemuka secara resmi, terkait Pemilu 2024. KPU mengungkapkan kemungkinan Pemilu serentak tahun 2024 diundur ke 2027.
 
Komisioner KPU Ilham Saputra menyebut wacana itu sedang digodok pemerintah dan DPR dalam proses revisi Undang-undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada dan Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu. Ilham menegaskan belum ada keputusan terkait penundaan Pilkada serentak 2024 ke 2027.
 
"Saat ini DPR dan pemerintah sedang menggagas, merencanakan, atau merancang undang-undang bagaimana format pilkada dan pemilu yang kemudian tepat untuk kita semua," kata Ilham seperti dilansir CNNIndonesia.com, Selasa 23 Juni 2020.
 

[Cek Fakta] Kini Masa Jabatan Presiden Ditetapkan tanpa Harus Pemilu? Ini Faktanya
 

Pula beredar wacana perpanjangan masa jabatan presiden hingga delapan tahun. Wakil Ketua MPR Arsul Sani menegaskan wacana tersebut masih sebatas usulan.
 
"Ya itu kan baru wacana ya. Ada juga kan wacana yang lain, mengatakan, ke depan presiden itu cukup satu kali masa jabatan saja, tetapi tidak lima tahun, delapan tahun. Ada kan yang mengatakan demikian," kata Arsul seperti dilansir Suara.com, Kamis 21 November 2019.
 

[Cek Fakta] Kini Masa Jabatan Presiden Ditetapkan tanpa Harus Pemilu? Ini Faktanya
 

Kesimpulan:
Klaim bahwa masa jabatan Presiden dapat terus dilanjutkan tanpa Pemilu, adalah salah. Faktanya, tidak ada informasi valid mengenai hal tersebut.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenis false context (konteks keliru). False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.
 

Referensi:
https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/4bamL63b-cek-fakta-mpr-dan-kpu-sepakat-jokowi-lanjut-sampai-2027-ini-faktanya
https://www.cnnindonesia.com/nasional/20200623114737-32-516378/kpu-sebut-pemilu-serentak-2024-kemungkinan-diundur-ke-2027
https://www.suara.com/news/2019/11/21/195002/mpr-belum-satu-suara-ada-usulan-masa-jabatan-presiden-8-tahun
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id
 

 

(DHI)
LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif